√ Peristiwa Penting Pada Masa Khalifah Abu Bakar As-Siddiq (Singkat) - Ensiklopediasli

Minggu, 04 November 2018

Peristiwa Penting Pada Masa Khalifah Abu Bakar As-Siddiq (Singkat)

Beberapa peristiwa penting di masa kekhalifahan Abu Bakar As-Siddiq - Seperti yang kita ketahui, Abu Bakar merupakan khalifah pertama bagi umat Islam setelah wafatnya Rasulullah Saw.

Abu Bakar As-Siddiq adalah orang yang paling awal masuk agama Islam (assabiqunal awwalun). Beliau lahir bersamaan dengan tahun kelahiran Nabi Muhammad Saw, pada 572 Masehi di Mekkah, berasal dari keturunan Bani Taim, suku Quraisy. Nama aslinya adalah Abdullah ibni Abi Quhafah.

Peristiwa Penting Pada Masa Khalifah Abu Bakar As-Siddiq (Singkat)

Kehidupan Abu Bakar sebelum Keislamannya di kenal sebagai orang yang jujur dan disipin, terutama dalam hal memegang amanah. Ia ahli dalam perdagangan dan juga terkenal cerdas dan luas ilmu pengetahuannya. Beliau termasuk ahli di bidang sastra, sejarah, dan tafsir mimpi, juga seorang diplomat dan politikus yang cukup di segani di kalangan kaum kafir Quraisy.

Selama kepemimpinan khalifah Abu Bakar Siddiq telah banyak hal-hal penting yang terjadi sebagai titik awal perkembangan Islam setelah ditinggalkan Rasulullah Saw, diantara peristiwa penting itu adalah:


  1. Beliau diangkat menjadi Khalifah pada tanggal 12 Rabiul Awwal tahun ke 11 hijriah.
  2. Pada tahun ke 11 hijriah, Abu Bakar memerintahkan pasukannya yang dipimpin Usamah untuk melanjutkan wasiat Nabi mengirim pasukan menujukkan kekuatan muslimin kepada pasukan Romawi.
  3. Pada bulan Sya'ban tahun ke 11 hijriah, Abu Bakar memulai perangnya terhadap orang yang menolak membayar zakat.
  4. Pada bulan Ramadhan tahun ke 11 hijriah, Abu Bakar menaklukkan kaum murtaddin yang memberontak.
  5. Pada bulan Dzulhijjah tahun ke 11 hijriah, Abu Bakar berhasil membunuh dan menumpas gerakan Nabi palsu Musailamah Al Kazzab.
  6. Menyelesaikan upaya perhimpunan Al-Qur'an yang masih terserak ke dalam suhuf.
  7. Mengirimkan pasukan ke daerah Irak pada tahun ke 12 hijriah.
  8. Mengirimkan pasukan ke daerah Syam (Syria) pada tahun ke 13 hijriah.

Pada saat pertempuran Ajnadain di Syam sedang berlangsung, khalifah Abu Bakar menderita sakit. Sebelum khalifah Abu Bakar wafat, beliau bermaksud untuk menetapkan calon penggantinya. Cara ini beliau tempuh untuk menghindari perpecahan di kalangan kaum muslimin sendiri.

Ketika itu kaum muslimin sedang dalam konsolidasi dan konsentrasi kekuatan untuk menaklukkan kerajaan Romawi dan Persia.

Beliau menjadi khalifah dalam jangka waktu 2 tahun. Abu Bakar meninggal pada tanggal 23 Agustus 634 di Madiah. Beliau dimakamkan di samping makam Rasulullah Saw. Selanjutnya posisi khalifah digantikan oleh Umar bin Khattab.

Demikianlah artikel tentang peristiwa penting pada masa khalifah Abu Bakar As-Siddiq. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Sumber: Rahmat, B. 2013. Tarikh Islam 4. Pekanbaru: CV PUSTAKA MAFATIH

Get notifications from this blog

 
close