√ Silsilah Khalifah Umar bin Khattab (Lengkap) - Ensiklopediasli

Minggu, 14 Juni 2015

Silsilah Khalifah Umar bin Khattab (Lengkap)

Silsilah Khalifah Umar bin Khattab - Umar bin Khattab dilahirkan 12 tahun setelah kelahiran Rasulullah Saw. Ayahnya bernama Khattab dan ibunya bernama Khatmah. Perawakannya tinggi besar dan tegap dengan otot-otot yang menonjol dari kaki dan tangannya, jenggot yang lebat dan berwajah tampan, serta warna kulitnya coklat kemerah-merahan. Beliau dibesarkan dilingkungan bani Adi salah satu kaum dari kaum Quraisy.

Silsilah Khalifah Umar bin Khattab (Lengkap)

Umar bin Khattab bin Nafiel bin Abdul Uzza atau lebih dikenal dengan Umar bin Khattab hidup pada masa 581-644 masehi adalah salah seorang sahabat Nabi Muhammad yang juga adalah Khalifah kedua Islam. Umar juga merupakan satu diantara empat orang Khalifah yang digolongkan sebagai Khalifah yang diberi petunjuk (Khulafaur Rasyidin).

Umar dilahirkan di kota Mekkah dari suku Bani Adi, salah satu rumpun suku Quraisy, suku terbesar di kota Mekkah saat itu. Ayahnya bernama Khattab bin Nufail Al Shimh Al Quraisyi dan ibunya Hantamah binti Hasyim. Umar memilki julukan yang diberikan oleh Nabi Muhammad yaitu Al-Faruq yang berarti orang yang bisa memisahkan antara kebenaran dan kebatilan.

Keluarga Umar tergolong dalam keluarga kelas menengah, ia bisa membaca dan menulis, yang pada masa itu merupakan sesuatu yang langka. Umar juga dikenal karena fisiknya yang kuat dimana ia menjadi juara gulat di Mekkah.

Nasabnya adalah Umar bin khattab bin Nufail bin Abdul Uzza bin Riyah bin Abdullah bin Qarth bin Razah bin 'Adiy bin Ka'ab bin Lu'ay bn Ghalib. Nasab beliau bertemu dengan nasab Nabi pada kakeknya Ka'ab. Antara beliau dengan Nabi selisih 8 kakek. Ibu beliau bernama Hantamah binti Hasyim bin Al-Mughirah al-Makhzumiyah. Rasulullah memberi beliau panggilan Abu Hafsh (bapak Hafsh) karena Hafshah adalah anaknya yang paling tua dan Rasul memberinya julukan dengan Al Faruq.

Baca Juga: Silsilah Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq.

Sumber: Rahmat Baitin. 2013. Tarikh Islam 4. Pekanbaru: CV. PUSTAKA MAFATIH.

Demikianlah artikel saya kali ini tentang Silsilah Khalifah Umar bin Khattab. Semoga bermanfaat bagi Anda. Jika Anda menyukai artikel ini tolong dibagikan ya. Sekian dan Terimakasih.

Get notifications from this blog

 
close