√ Kehidupan Abu Bakar As-Siddiq Sebelum KeIslamannya (Singkat) - Ensiklopediasli

Selasa, 30 Oktober 2018

Kehidupan Abu Bakar As-Siddiq Sebelum KeIslamannya (Singkat)

Ringkasan kisah Abu Bakar sebelum masuk Islam - Pada masa jahiliyah Khalifah Abu Bakar bernama Abdul Ka'bah. Beliau disebut Abu Bakar karena pagi-pagi betul atau paling awal beliau telah masuk Islam.

Ada pula ahli sejarah yang menyatakan bahwa diberinya julukan Abu Bakar itu, karena beliau anak pertama yang hidup, kakak-kakaknya meninggal ketika masih bayi, Ibunya bernazar, jika di karuniai anak yang hidup, maka akan di beri nama Abdul Ka'bah.

Abu Bakar diberi julukan As-Siddiq artinya yang amanat membenarkan karena beliau amat segera dan selalu membenarkan Rasulullah dalam berbagai peristiwa yang di alami Rasulullah, terutama pada peristwa Isra' dan Mi'raj.

Kehidupan Abu Bakar As-Siddiq Sebelum KeIslamannya (Singkat)


Abu Bakar adalah termasuk keturunan atau klan Tamim dari suku Quraisy. Abu Bakar dilahirkan dari keluarga bangsawan, yang mempunyai kedudukan yang penting dan terhormat di antara klan-klan yang lainnya.

Setelah menginjak dewasa, beliau memilih pekerjaan di bidang perdagangan. Abu Bakar di kenal sebagai orang yang jujur dan disiplin, terutama dalam hal memegang amanah.

Sehingga dengan sikap-sikap seperti itu usaha dagangannya mencapai sukses besar. Sebelum masuk Islam, beliau telah memiliki tabungan (simpanan) sebanyak 40.000 (empat puluh ribu) dirham.

Selain ahli dalam perdagangan, Abu Bakar terkenal cerdas dan luas ilmu pengetahuannya. Beliau termasuk ahli di bidang sastra, sejarah, dan tafsir mimpi, juga seorang diplomat dan politikus yang cukup di segani di kalangan kaum kafir Quraisy.

Sebagai orang yang terhormat di kalangan orang-orang Quraisy, maka Abu Bakar berjanji mengurusi segala urusan yang besar, terutama dalam hal menguasai dan mengurusi benda.

Hal inilah yang menempatkan Abu Bakar pada kedudukan yang terhormat, melebihi kedudukan bangsawan yang mulia.

Abu Bakar mempunyai kedudukan yang terhormat di kalangan kaum kafir Quraisy karena beberapa hal di antaranya:
  1. Termasuk keturunan dari kalangan bangsawan,
  2. Mempunyai kecerdasan dan ilmu pengetahuan yang luas,
  3. Kaya akan harta.

Baca juga: Silsilah Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq

Demikianlah ringkasan kisah Abu Bakar As-Siddiq sebelum masuk Islam. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Sumber: Rahmat, B. 2013. Tarikh Islam 4. Pekanbaru: CV PUSTAKA MAFATIH

Get notifications from this blog

 
close