√ Jasa-Jasa Abu Bakar As-Siddiq Selama Menjadi Khalifah (Singkat) - Ensiklopediasli

Kamis, 01 November 2018

Jasa-Jasa Abu Bakar As-Siddiq Selama Menjadi Khalifah (Singkat)

Jasa-Jasa Abu Bakar As-Siddiq selama menjabat sebagai Khalifah telah banyak prestasi-prestasi yang tercatat sehingga menjadikan Islam tersebar luas kepenjuru dunia, dan dikenal setiap orang di dunia ini.

Hasil perjuangan khalifah Abu Bakar selama memerintah sebagai khalifah antara lain sebagai berikut ini:

  1. Menumpas kaum murtad yang sengaja merong-rong dan merusak Islam.
  2. Menumpas kaum pembangkang dan penyeleweng, baik orang-orang yang tak mau membayar zakat maupun orang-orang atau kelompok pendukung nabi palsu.
  3. Mengumpulkan (membukukan) Al-Qur'an yang kemudian disebut mushaf.
  4. Menyatukan wilayah Arab di bawah panji-panji Islam.
  5. Memantapkan stabilitas yang dinamik bagi pemantapan Islam dalam negri.
  6. Mengawali sukses besar dalam perluasan wilayah di luar wilayah Arab, yaitu Syam (Syiria).
Jasa-Jasa Abu Bakar As-Siddiq Selama Menjadi Khalifah (Singkat)


Diantara hal-hal yang menjadi jasa besar dari Abu Bakar adalah membukukan Al-Qur'an, menjadi Mushaf dan perluasan wilayah Islam.

Setelah keadaan kembali aman dan tentram, maka Khalifah Abu Bakar lebih berkonsentrasi untuk menegakkan Islam dari kemungkinan yang dapat merusak ajaran Islam diantara hal-hal yang terpenting yang segera harus di laksanakan adalah membukukan Al-Qur'an.

Hal ini disebabkan kekhawatiran Abu Bakar karena semakin tuanya para sahabat dan banyak pula yang gugur di medan perang, sedangkan para sahabat itu adalah penghafal Al-Qur'an.

Kemudian perluasan wilayah Islam harus segera dilakukan agar dakwah semakin berkembang dan kesatuan Islam akan lebih luas dan kokoh. Perluasan wilayah Islam yang terpenting pada masa pemerintahan Khalifah Abu Bakar adalah perluasan wilayah ke Negeri Syam.

Negeri Syam saat itu menjadi wilayah jajahan bangsa Romawi. Khalifah Abu Bakar melihat bahwa kekuasaan bangsa Romawi di Syam itu merupakan ancaman yang besar terhadap kaum muslimin. Mereka selalu mencari peluang yang baik untuk menghancurkan kaum muslimin.

Khalifah Abu Bakar menyiapkan bala tentaranya dengan jumlah besar untuk di kirim ke Syam (Syiria). Mereka di bagi menjadi 4 pasukan antara lain.
  1. Pasukan yang di pimpin oleh Abu Ubaidah bin Jarrah di kirim ke Hims. Sekaligus Abu Ubaidah bin Jarrah di angkat Khalifah Abu Bakar menjadi pimpinan tertinggi dari keempat pasukan itu.
  2. Pasukan yang dipimpin oleh Yazid Ibnu Abi Sofyan di tugaskan ke Damaskus.
  3. Pasukan yang dipimpin oleh Amru bin Ash di kirim ke Palestina.
  4. Pasukan yang dipimpin oleh Syurahibil bin Hasanah di kirim ke lembah Yordania.

Agar misi pertempuran di Syam ini berhasil, khalifah Abu Bakar mengubah strategi perang, pasukan-pasukan Islam di satukan untuk menghadapi laskar Romawi di Yarmuk, Khalid bin Walid yang semula memimpin pertempuran di Irak, ditarik ke Syam untuk membantu pasukan Islam di Syam, sekaligus ia di tunjuk sebagai panglima besarnya.

Baca juga: Proses Pengangkatan Abu Bakar As-Siddiq sebagai Khalifah Pertama Umat Islam

Demikianlah artikel tentang jasa-jasa Khalifah Abu Bakar bagi umat Islam. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Sumber: Rahmat, B. 2013. Tarikh Islam 4. Pekanbaru: CV PUSTAKA MAFATIH 

Get notifications from this blog

 
close