√ 4 Teori Fungsi Negara dan Penjelasan Lengkapnya (Komunisme, Individualisme, Sosialisme, Anarkisme) - Ensiklopediasli

Minggu, 21 Oktober 2018

4 Teori Fungsi Negara dan Penjelasan Lengkapnya (Komunisme, Individualisme, Sosialisme, Anarkisme)

Teori Fungsi Negara - Pengertian negara menurut para ahli, salah satunya Prof. Miriam Budiarjo menyatakan negara adalah organisasi yang dalam suatu wilayah dapat memaksakan kekuasaannya secara sah terhadap semua golongan kekuasaan lainnya dan yang dapat menetapkan tujuan-tujuan dari kehidupan bersama itu.

Sedangkan unsur-unsur terbentuknya negara menurut Konvensi Montevideo tahun 1933 ada 4, yaitu penduduk, wilayah, pemerintah yang berdaulat, dan pengakuan dari negara lain.

Fungsi negara secara umum terbagi menjadi 4 bagian, yaitu fungsi keamanan dan ketertiban, fungsi kesejahteraan dan kemakmuran, fungsi pertahanan, dan fungsi keadilan.

Terdapat beberapa teori fungsi negara, yaitu antara lain teori individualisme, teori sosialisme, teori komunisme dan teori anarkisme.

4 Teori Fungsi Negara dan Penjelasan Lengkapnya


1. Teori Individualisme


Teori individualisme merupakan suatu paham yang menempatkan kepentingan individu sebagai pusat perhatian dalam berbagai hal.

Teori individualisme lebih menekankan pada kebebasan perorangan, baik dalam bidang politik, maupun bidang-bidang lainnya.

Menurut teori individualisme, fungsi negara hanyalah sebagai pemelihara dan penjaga ketertiban dan keamanan individu dalam masyarakat.

2. Teori Sosialisme


Menurut teori sosialisme, fungsi negara bukan hanya sebagai pemelihara ketertiban dan keamanan, tetapi harus diperluas sedemikian rupa sehingga tiada lagi aktifitas sosial yang tidak diselenggarakan oleh negara.

3. Teori Komunisme


Dalam masyarakat negara komunis, semua alat produksi dimiliki negara, namun demikian benda lainnya yang tidak termasuk alat-alat produksi pun dijadikan sebagai milik bersama atau milik negara.

Menurut ajaran komunis, dalam masyarakat selalu terdapat dua kelas, yaitu kelas pemilik alat produksi dan kelas bukan pemilik alat produksi.

Menurut teori komunisme, fungsi negara adalah sebagai alat pemaksa oleh kelas pemilik alat produksi terhadap kelas lainnya sebagai upaya untuk mempertahankan alat produksi yang dimilikinya.

4. Teori Anarkisme


Anarkisme adalah suatu paham yang menolak adanya pemerintahan. Mereka menginginkan terwujudnya masyarakat yang bebas tanpa organisasi-organisasi paksaan.

Menurut teori anarkisme, fungsi negara dapat dilaksanakan oleh kelompok atau perhimpunan yang dibentuk secara sukarela, tanpa alat-alat paksaan, tanpa polisi, terutama tanpa hukum serta pengadilan.

Demikianlah penjelasan tentang teori fungsi negara komunisme, individualisme, sosialisme, dan anarkisme oleh Ensiklopediasli. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Get notifications from this blog

 
close