√ 2 Gaya Lempar Cakram yang Baik dan Benar beserta Gambarnya - Ensiklopediasli

Kamis, 10 Januari 2019

2 Gaya Lempar Cakram yang Baik dan Benar beserta Gambarnya

2 (dua) gaya lempar cakram - Pada kesempatan kali ini Ensiklopediasli akan membagikan artikel tentang gaya lempar cakram yang baik dan benar yaitu gaya menyamping dan gaya membelakangi.

2 Gaya Lempar Cakram yang Baik dan Benar


Pengertian Lempar Cakram


Lempar cakram termasuk dalam salah satu nomor lempar pada cabang olahraga atletik. Lempar cakram adalah suatu bentuk gerakan melempar suatu alat (cakram) yang dilakukan dengan satu tangan dari samping badan untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Cakram terbuat dari kayu atau bahan lain yang sesuai dengan badan cakram, dengan pinggiran dari logam yang tepinya dibuat membulat. Bentuk cakram adalah bulat pipih dan cembung ke tengah dengan penampang melintangnya dari tepi atau pinggiran cakram berbentuk lingkaran penuh dengan diameter 220 mm untuk putra dan 181 mm untuk putri. Berat cakram (pada perlombaan resmi) 1 kg untuk putri dan 2 kg untuk putra.

Back to Content ↑

Dua Gaya Lempar Cakram


Pelaksanaan pengambilan awalan lempar cakram dilakukan di dalam lingkungan (lapangan lempar cakram). Adapun pengambilan awalan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu gaya menyamping dan gaya membelakangi.

1. Gaya Menyamping

lempar cakram dengan gaya menyamping

Gaya menyamping pada lempar cakram saat ini sudah jarang dilakukan oleh pelempar cakram kelas dunia. Adapun cara melempar cakram (bagi pelempar yang tidak kidal) dengan gaya menyamping adalah sebagai berikut.

  1. Berdiri di belakang dalam lingkaran menyamping ke arah lemparan. Kaki kiri menuju ke arah lemparan, sedangkan kaki kanan berada di samping kaki kiri dengan lutut agak ditekuk. Berat badan berada di kaki kanan. Cakram dipegang dengan tangan kanan, lengan lurus ke bawah dan berada di samping kanan badan.
  2. Saat cakram diayun ke belakang yang terakhir, kepala menengok ke kanan dan cakram berada di belakang kanan di bawah bahu denganl engan lurus. Sambil memindahkan kaki kanan ke samping kaki kiri, badan berputar ke kiri sehingga menghadap ke belakang. Tangan kanan tetap berada di belakang dengan lengan tetap lurus.
  3. Saat kaki kanan menginjak tanah, kaki kiri segera menyusul diluruskan ke depan ke arah lemparan. Saat kaki kiri mendarat, secepat mungkin cakram dilemparkan dari belakang melalui samping badan, ke depan atas. Gerakan dibantu dengan menolakkan kaki kanan dan melonjakkan badan ke atas depan.
  4. Cakram dilepaskan pada saat lengan lurus di depan badan serong ke atas, dengan pergelangan tangan diputar ke luar, dan jari-jari tangan memutar pinggiran cakram ke dalam.
  5. Sikap akhir mendarat dengan kaki kanan, kaki kiri ke belakang, dan lengan kiri ke belakang. Lengan kanan dengan siku ditekuk berada di depan badan dan badan membungkuk ke depan untuk menjaga keseimbangan.

Back to Content ↑

2. Gaya Membelakangi

lempar cakram dengan gaya membelakangi

Gaya membelakangi adalah gaya lempar cakram yang dilakukan dengan memutar badan 1,5 (satu setengah) lingkaran. Adapun cara melakukannya adalah sebagai berikut.

  1. Berdiri membelakangi sektor lemparan.
  2. Pada saat akan berputar, lengan kanan diayun jauh kebelakang.
  3. Pandangan mulai melirik sektor lemparan, sumbu putar berada pada ujung kaki kiri.
  4. Tolakkan kaki kiri dan badan meluncur ke arah lemparan.
  5. Kaki kanan diayun memutar ke kiri untuk tumpuan.
  6. Kedua kaki saling bertukan posisi untuk berputar dan menyeimbangkan badan.
  7. Pada saat cakram dilemparkan, kaki kanan segera berpindah ke depan dan kaki kiri di pindah ke belakang.
Back to Content ↑

Baca juga: Teknik Dasar Lempar Cakram, Sejarah, dan Peraturan

Demikianlah artikel tentang gaya lempar cakram ada 2 yaitu gaya menyamping dan gaya membelakangi. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Get notifications from this blog

 
close