√ 25+ Pengertian Bangsa Menurut Pendapat Para Ahli (Lengkap) - Ensiklopediasli

Kamis, 20 September 2018

25+ Pengertian Bangsa Menurut Pendapat Para Ahli (Lengkap)

Pengertian bangsa menurut para ahli - Apa yang dimaksud dengan bangsa Indonesia? Pengertian bangsa Indonesia adalah salah satu bangsa yang majemuk terdiri atas berbagai macam suku atau etnik yang tersebar di tanah air.

Berikut definisi bangsa menurut para ahli, baik ahli di Indonesia maupun ahli luar negeri.

Pengertian Bangsa Menurut Pendapat Para Ahli (Lengkap)


1. KBBI


Pengertian bangsa menurut KBBI, adalah orang-orang yang memiliki kesamaan asal, keturunan, adat, bahasa dan sejarah serta berpemerintahan sendiri.

2. Ernest Renan


Pengertian bangsa menurut Ernest Renan, adalah sekelompok manusia yang berada dalam suatu ikatan batin yang dipersatukan karena memiliki kesamaan sejarah dan cita-cita yang sama walaupun didalam suatu kelompok manusia terdapat berbagai suku, budaya, ras, bahasa, adat-istiadat dan sebagainya.

3. Friederich Ratzel


Pengertian bangsa menurut F Ratzel (Faham Geopolitik), adalah kelompok manusia yang terbentuk karena adanya hasrat (kemauan) untuk bersatu yang timbul dari adanya rasa kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya.

4. Bangsa dalam arti Antropologis - Sosiologis


Bangsa dalam arti sosiologis-antropologis diikat oleh ikatan-ikatan seperti ras, adat-istiadat, tradisi, sejarah, agama atau kepercayaan, bahasa dan daerah.

5. Benedict Anderson


Pengertian bangsa menurut Ben Anderson, adalah pemahaman atas suatu masyarakat yang memiliki akar sejarah yang sama dimana praxis pengalaman atas penjajahan begitu kental dirasakan oleh masyarakat terjajah dan semakin lama akan semakin mengkristalkan pengalaman atas rasa solidaritas kebersamaan yang tinggi diantara mereka.

6. Hans Kohn


Pengertian bangsa menurut Hans Kohn, adalah hasil proses perjuangan sejarah, bangsa itu merupakan golongan yang majemuk dan tidak bisa dirumuskan secara esakta. Hal tersebut terbukti dengan adanya faktor objektif ynag melatarbelakangi dan menjadi ciri khas suatu bangsa, seperti faktor persamaan adat-istiadat, bahasa, agama, ras dan wilayah.

7. Clifford Geertz


Pengertian bangsa menurut Clifford Geertz, adalah sekelompok manusia yang memiliki etos budaya yang sama. Etos budaya adalah sifat, watak, dan kualitas, kehidupan sekelompok masyarakat atau bangsa.

8. Dr. Hertz


Pengertian bangsa menurut Dr. Hertz, adalah sekelompok manusia yang:
  • memiliki cita-cita bersama yang mengikat warga negara menjadi satu kesatuan,
  • memiliki sejarah hidup bersama sehingga tercipta rasa senasib sepenanggungan,
  • memiliki adat, budaya, dan kebiasaan yang sama sebagai akibat pengalaman hidup bersama,
  • menempati suatu wilayah tertentu yang merupakan kesatuan wilayah,
  • terorganisir dalam suatu pemerintahan yang berdaulat sehingga terikat dalam suatu masyarakat hukum.

9. Ensiklopedia Politik


Pengertian bangsa menurut Ensiklopedi Politik, adalah sebagai berikut:
  • Keluarga, rumpun, dan satu keturunan yang biasanya mempunyai sifat-sifat badaniah yang sama.
  • Sekelompok manusia yang mempunyai persamaan sejarah, cita-cita, nasib dan suka-duka yang sama.

10. Menurut Historis


Secara historis, sebuah bangsa dimulai dengan terbentuknya sebuah keluarga, yaitu suatu kelompok yang terbentuk atas dasar ikatan perwakinan dan keturunan darah.

11. Ki Bagoes Hadikoesoemo


Bangsa adalah bersatunya orang dengan tempat ia berada, persatuan antara orang dengan wilayah.

12. Jalobsen dan Lipman


Menurut mereka bangsa adalah suatu kesatuan budaya (cultural unity) dan kesatuan politik (political unity).

13. Anthony D. Smith


Bangsa adalah suatu komunitas manusia yang memiliki nama, menguasai suatu tanah air, memiliki mitos-mitos dan sejarah bersama, budaya publik bersama, perekonomian tunggal, dan hak serta kewajiban bersama bagi semua anggotanya.

14. Lothrop Stoddard


Pengertian bangsa menurut Lothrop Stoddard, adalah suatu kepercayaan yang dimiliki oleh sejumlah orang yang cukup banyak, bahwa mereka merupakan suatu bangsa.

15. Mohammad Yamin


Pengertian bangsa menurut Moh. Yamin, adalah sekelompok manusia yang bersatu karena adanya persamaan sejarah (rasa senasib dan sepenanggungan), persamaan bahasa dan persamaan hukum (hukum adat dan kebudayaan).

16. Mohammad Hatta


Pengertian bangsa menurut Moh. Hatta, adalah suatu persatuan yang ditentukan oleh keinsyafan, sebagai suatu persekutuan yang tersusun menjadi satu yang terbit karena percaya atas persamaan nasib dan tujuan.

17. Ir. Soekarno


Syarat untuk menjadi bangsa dimana harus ada persatuan antar orang yang kemudian memiliki rasa terikat dengan tanah airnya.

18. Otto Van Bauer


Pengertian bangsa menurut Otto Bauer, adalah suatu kesatuan perangai yang timbul karena adanya persamaan nasib.

19. Bangsa dalam arti Politis


Bangsa dalam arti politis adalah sekelompok manusia yang memiliki satu paham dan ideologi yang sama dalam suatu organisasi kekuasaan dalam negara, misalnya bangsa Indonesia.

20. Bangsa dalam arti Etnis


Bangsa dalam arti etnis merupakan sekelompok manusia yang memiliki satu keturunan atau ras yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu dengan ciri-ciri jasmani yang sama, seperti kesamaan bentuk tubuh dan warna kulit.

21. Bangsa dalam arti Kultural


Bangsa dalam arti kultural adalah sekelompok manusia yang memiliki ciri-ciri khas kebudayaan yang sama, seperti adat-istiadat, bahasa, mata pencaharian, dan unsur-unsur kesamaan budaya.

22. Wikipedia


Bangsa menurut Wikipedia, adalah sekelompok manusia yang dianggap nasional memiliki identitas bersama, dan mempunyai kesamaan dalam segi bahasa, budaya, sejarah, ideologi dan tujuan yang sama.

23. Joseph Stalin


Pengertian bangsa menurut Joseph Stalin, secara historis merupakan komunitas rakyat yang stabil dan terbentuk atas dasar kesamaan bahasa, wilayah, ekonomi, serta perasaan psikologis yang terwujud dalam budaya bersama.

24. Rawink


Menurutnya, bangsa adalah sekelompok manusia yang bersatu pada suatu wilayah dan mempunyai keterikatan dengan wilayah tersebut. Dengan batas teritori tertentu dan terletak dalam geografis tertentu.

25. Guibernau


Pengertian bangsa menurut Guibernau, adalah negara kebangsaan yang memiliki unsur-unsur penting pengikat, yaitu psikologi, kebudayaan, teritorial, sejarah dan masa depan, dan politik.

26. Rudolf Kjellen


Menurutnya, membuat suatu analogi atau membandingan bangsa dengan suatu organisme biotis dan menyamakan jiwa bangsa dengan nafsu hidup dari organisme termaksud. Suatu bangsa memiliki dorongan kehendak untuk hidup, mempertahankan dirinya dan kehendak untuk berkuasa.

Baca juga: 30 Pengertian Negara Menurut Pendapat Para Ahli (Lengkap)

Demikianlah artikel kali ini tentang 25+ Pengertian Bangsa Menurut Pendapat Para Ahli (Lengkap). Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan Terimakasih.

Get notifications from this blog

 
close