√ Jaringan Komputer MAN: Pengertian, Fungsi, Karakteristik, Contoh - Ensiklopediasli

Senin, 01 April 2019

Jaringan Komputer MAN: Pengertian, Fungsi, Karakteristik, Contoh

Mengenal Jaringan Komputer MAN (Metropolitan Area Network) - Pada kesempatan kali ini Ensiklopediasli akan membagikan artikel tentang jaringan MAN yang meliputi pengertian, fungsi, karakteristik, cara kerja, kelebihan dan kekurangan jaringan MAN, perangkatnya beserta konsep.

Pengertian jaringan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya.

Fungsi jaringan MAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang menjangkau antar wilayah dalam satu provinsi.

Karakteristik Jaringan MAN


Berikut adalah karakteristik MAN yaitu :
  1. Meliputi area seluas antara 5 dan 50 kisaran km. Banyak MAN mencakup area perkotaan.
  2. Sebuah MAN (seperti WAN) umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi. Man, komunikasi linknya dan peralatan, umunya dimiliki oleh salah satu konsorsium pengguna atau oleh penyedia layanan jaringan yang menjual pelayanan kepada pengguna.
  3. MAN sering bertindak sebagai jaringan kecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagai sumber daya daerah. Hal ini juga sering digunakan untuk menyediakan koneksi bersama untuk jaringan lain dengan menggunakan link ke WAN.
  4. MAN berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN.
  5. Hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak memiliki elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel. Adanya elemen switching membuat rancangan menjadi lebih sederhana.

MAN sendiri diartikan sebagai suatu jaringan yang meng-cover sebuah kota (Computer Networks, ANDREW S.T. Halaman 117).

Pada awalnya rangkaian MAN dihubungkan dengan menggunakan kabel LAN untuk menghubungkan kantor yang satu ke kantor cabang yang lainnya yang jaraknya beberapa KM, dengan hadirnya WIMAX maka pengguna layanan internet semakin tertarik pada Wireless yang berskala MAN.

Peralatan pre-Wimax (IEEE 802.16) merupakan suatu perangkat yang didesain khusus untuk wireless berskala MAN, contoh peralatani ni adalah Redline AN-50 AN-30, Alvarion Link Blaster.

Wireless MAN dapat bermain pada beberapa frekuensi yaitu frekuensi 900 MHz, 1.5 GHz, 2 GHz, 2.5 GHz, 3.3 GHz, 5.8 GHz. Dan saat ini di Indonesia yang diijinkan pemerintah untuk dipakai oleh masyarakat umum adalah frekuensi 2.4 GHz yang kemudian dibagi lagi menjadi beberapa channel.
Gambar jaringan MAN
Gambar jaringan MAN

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan MAN


Berikut ini adalah keuntungan jaringan komputer MAN:
  • Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang.
  • Transaksi yang Real-Time (data di server pusat diupdate saat itu juga, contoh ATM Bank untuk wilayah nasional).
  • Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail, chatting.
  • dan Video Conference (ViCon).

Berikut ini adalah kekurangan jaringan MAN:
  • Biaya operasional mahal.
  • Instalansi infrastrukturnya tidak mudah.
  • Rumit jika terjadi trouble jaringan (network troubleshoot).

Cara Kerja Jaringan MAN


Adapun cara kerja jaringan MAN (Metropolitan Area network) yaitu jaringan ini menghubungan dengan lebih dari 1 gateway dengan jarak 10 km dan biasanya digunakan pada perkotaan/perkantoran.

Contoh Jaringan MAN


Sedangkan contoh dari jaringan komputer MAN misalnya jaringan BANK dimana beberapa kantor cabang sebuah BANK didalam sebuah kota besar, dihubungkan antara satu dengan yang lainnya.

Perangkat Jaringan MAN


Berikut adalah beberapa perangkat jaringan MAN yang harus kalian ketahui:
  • Router: alat untuk melakukan proses routing dalam jaringan MAN. Routing adalah proses pengambilan sebuah paket dari sebuah alat dan mengirimkan melalui network ke alat lain disebuah network yang berbeda.
  • Switch: untuk menghubungkan 2 atau lebih perangkat yang berbeda terdapat beberapa port untuk memasukkan konektor kabel agar dua perangkat jaringan yang berbeda dapat saling terhubung.
  • Radio frekuensi: pemancar sinyal utama untuk pengiriman data dengan jarak geografis yang cukup jauh sehingga dapat melakukan komunikasi data dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat.
  • MAN: semua perangkat-perangkat jaringan yang sudah terhubung dan mampu melakukan data transmission maka semua perangkat tersebut sudah berada dalam jangkauan jaringan MAN.
  • PC: komputer client, menerima data dari komputer server.

Baca Juga : Mengenal Jaringan Komputer WAN (Wide Area Network).

Demikianlah artikel tentang mengenal jaringan MAN. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Sumber : Ebook Jaringan Dasar.

Get notifications from this blog

 
close