√ Macam-Macam Teknik Pertahanan dalam Tenis Meja - Ensiklopediasli

Senin, 17 Desember 2018

Macam-Macam Teknik Pertahanan dalam Tenis Meja

Macam-Macam Teknik Pertahanan Permainan Tenis Meja - Bertahan ialah salah satu teknik permainan yang baik dan penting. Apabila seorang pemain bisa menguasai teknik bertahan dengan baik, besar sekali ancamannya bagi penyerang (attack player).

Teknik bertahan dapat juga membuka permainan agresif, kalau ditinjau dari sudut strategi bertanding. Pada dasarnya bertahan adalah suatu strategi permainan atau pertandingan yang pasif dan lebih susah penguasaannya daripada teknik serang.

Akan tetapi jika di dalam pertandingan penyerang salah terka atau salah memukul (out), pemain bertahan mendapatkan angka dan tidak mustahil bahkan sering sekali dapat memenangkan pertandingan tersebut.

Oleh sebab itu, teknik bertahan sangat penting dipelajari dalam mengatur strategi pertandingan olahraga tenis meja.

Teknik-Teknik Bertahan Permainan Tenis Meja

Macam-Macam Teknik Pertahanan dalam Tenis Meja

Macam-macam teknik bertahan pada olahraga tenis meja, antara lain:

1. Cut Defensive


Cut defensive ialah apabila seorang pemain dalam mengembalikan bola menggunakan gaya (membacok) dan biasanya menunggu sampai bola lawan datang dengan kekuatan dan kecepatan terakhir.

Namun, untuk melengkapi permainan tenis meja modern dewasa ini serta apabila menemui bola datang lebih tinggi dari net, dapat mengembalikan bola tersebut dengan segera atau di titik teratas dapat juga mengembalikan bola tersebut saat sedang naik (tergantung pada situasi).

Hal yang terakhir ini terutama untuk memperpendek waktu, misalnya kita mengembalikan bola pada jarak (C) itu yang kita utamakan: deef defensive (defensive jarak jauh), terjadi karena pengembalian bola pada waktu telah jauh dari meja. Namun, kalau mengembalikan bola pada jarak (A) Itu disebut short defensive (defensive jarak pendek).

Semua ini terjadi (deef defensive maupun short defensive), oleh karena letak bola tersebut jauh atau dekat, juga karena keras atau pelannya pukulan lawan sehingga harus melakukan deef defensive atau short defensive. Perhatikan gambar berikut ini!

Posisi pertahanan cut defensive tenis meja
Posisi pertahanan cut defensive tenis meja


a) Teknik Dasar Cut Defensive


Posisi pemain cut defensive yang paling baik adalah berdiri menghadap meja dengan jarak kurang lebih 30 cm dengan lutut agak membengkok, serta berat badan harus berada pada kedua kaki, dengan lengan yang rileks agak membengkok dan bet berada di depan badan.

b) Macam-macam Cut Defensive


Macam-macam cut defensive dalam permainan tenis meja adalah sebagai berikut.

1.1 Forehand cut defensive (Ready position)

Posisi yang baik dari forehand cut defensive ialah kaki kiri di depan, kaki kanan di belakang, muka (badan) menghadap menyerong ke meja, lutut sedikit dibengkokkan, badan agak membungkuk, dan berat badan pada kaki kanan, bet diangkat sampai atas bahu (bisa lebih) pergelangan tangan tidak dibengkokkan kemana-mana hingga gagang bet agak menghadap tanah.

Kemudian setelah bola dekat pemain, tangan (lengan) mulai diayunkan ke depan, ke bawah dan ke kiri, setelah bet menempel pada bola, ayunan ke depan dan ke bawah tetap berlangsung ditambah gerak pinggang dari kanan ke kiri, dan pergelangan tangan ikut membantu membuat spin. Dalam keadaan tersebut maka dengan sendirinya berat badan akhirnya pindah ke kaki kiri dan badan kembali menghadap meja.

1.2 Backhand cut defensive

Posisi yang baik dari backhand cut defensive ialah kaki kanan di depan, kaki kiri di belakang, badan menghadap menyerong pada meja, lutut dibengkokkan dengan rileks, badan agak membungkuk dan berat badan berada pada kaki kiri bet juga diangkat ke atas bahu atau bisa lebih, pergelangan tangan tidak dibengkokkan kemana-mana hingga gagang bet menghadap ke tanah.

Kemudian setelah bola dekat pemain, lengan mulai diayunkan ke depan dan bawah. Setelah bet menempel pada bola ayunan ke depan-ke bawah agar serong ke kanan tetap berlangsung ditambah gerak pinggang dan kiri ke kanan, pergelangan tangan ikut membantu backspin dan dengan sendirinya berat badan akhirnya pindah ke kaki kanan. Badan kembali menghadap meja, hanya saja backhand cut defensive tersebut agak singkat waktunya, oleh karena terhalang oleh badan.

Teknik dasar cut defensive dapat dibagi menjadi dua bentuk, yaitu forehand dan backhand jarak dekat dan jarak jauh.

(a) Forehand dan backhand cut defensive jarak dekat sama posisinya dengan cut defensive

Penggunaan forehand dan backhand cut defensive jarak dekat sama posisinya dengan cut defensive, antara lain apabila mendapat serangan yang tidak keras atau bola datangnya cepat sekali, faedahnya adalah supaya bola cepat kembali ke tempat lawan sehingga lawan belum sempat mengatur posisi dengan baik. Cara maupun tekniknya hampir sama dengan dasar-dasar cut defensive, hanya jaraknya lebih dekat.

Cara melakukan forehand cut defensive dekat sebagai berikut:

  1. Jarak dari meja hanya lebih kurang 30 cm, kaki kiri di depan kaki kanan di belakang badan menghadap meja lebih kurang 45 derajat.
  2. Waktu bola dekat pemain (biasanya harus dilakukan waktu bola pada titik teratas).
  3. Model bet agak terlentang lebih kurang 75 derajat.
  4. Lengan diayunkan ke bawah lalu ke kiri, pergelangan tangan membantu menekan bola agar tidak melambung.


(b) Backhand cut defensive jarak dekat

Cara melakukannya hampir sama dengan dasar-dasar cut defensive, hanya saja pergelangan tangan lebih banyak menekan bola agar tidak melambung, dengan jarak lebih dekat dan pengembalian bola pada waktu bola melambung di titik teratas.

Teknik forehand defensive jarak dekat sido tenis meja

  1. Forehand cut defensive jarak dekat Sido, shakehand grip mempergunakan bet halus. Mantan juara dunia yang kini pelatih Nasional Hongaria melakukan forehand cut defensive jarak dekat dengan mengembalikan bola pada waktu bola mencapai titik teratas hampir turun (bola masih berada lebih tinggi dari meja).
  2. Backhand cut defensive jarak dekat Yamamoto, shakehand grip mempergunakan bet halus. Mantan juara nasional Jepang tersebut melakukan backhand cut defensive jarak dekat dengan mengembalikan bola pada waktu bola mencapai titik teratas hampir turun |(bola masih berada lebih tinggi dari meja).

Teknik backhand defensive jarak dekat yang diperagakan yamamoto

(c) Forehand dan backhand cut defensive jarak jauh

Cut defensive jarak jauh forehand dan backhand tenis meja

Caranya hampir sama dengan dasar-dasar cut defensive, hanya saja kalau cut defensive jarak jauh, pemain harus belari ke belakang agar jauh dari meja. Oleh karena itu, cut defensive jarak jauh tersebut sangat efektif untuk menerima bola drive yang keras dan mendesak atau topspin yang laju, juga untuk menerima bola yang datang dari sudut yang lebar. Biasanya bola dikembalikan pada waktu turun yang sudah tidak begitu mempunyai kekuatan lagi.

Cut defensive tenis meja
  1. Forehand cut defensive Eberhard Schoeler, shakehand grip mempergunakan bet bintik tanpa busa untuk bakhand dan halus untuk forehand. Mantan pemain top dunia dari Jerman Barat, melakukan forehand cut defensive jarak jauh dengan cara mengembalikan bola pada waktu bola telah turun agak di bawah meja. Cara ini cukup baik karena bola datang tidak begitu mempunyai kekuatan mendesak lagi sehingga mudah mengontrol, akan tetapi lambat sehingga lawan sudah mengatur posisi.

Eberhard memperagakan forehand cut defensive tenis meja

Baca juga: Pengertian Tenis Meja, Sejarah, Teknik, dan Peraturan

Demikianlah artikel tentang macam-macam teknik bertahan dalam olahraga tenis meja. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Sumber: Gilang. 2007. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: Ganeca Exect

Get notifications from this blog

 
close