√ Pengertian POAC dalam Fungsi Dasar Manajemen Terlengkap - Ensiklopediasli

Rabu, 15 Mei 2019

Pengertian POAC dalam Fungsi Dasar Manajemen Terlengkap

Pengertian POAC dalam Fungsi Dasar Manajemen Terlengkap

Apa itu POAC? Pengertian POAC adalah singkatan dari Planning, Organizing, Actuating, Controlling dan merupakan fungsi dasar ilmu manajemen.

Fungsi-fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.

George R. Terry, 1958 dalam bukunya Principles of Management (Sukarna, 2011:10) membagi empat fungsi dasar manajemen, yaitu Perencanaan (planning), Pengorganisasian (organizing), Pelaksanaan/Penggerakan (actuating), Pengawasan (controlling). Keempat fungsi manajemen ini disingkat dengan POAC.

Jadi dapat disimpulkan fungsi manajemen adalah serangkaian bagian-bagian dalam manajemen yang harus diaplikasikan sehingga tujuan serta visi dan misi perusahaan dapat tercapai. Adapun bagian dalam manajemen tersebut lebih dikenal dengan POAC.

Berikut ini kita akan mempelajari pengertian POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) menurut para ahli.

1. Perencanaan (Planning)


Apa yang dimaksud perencanaan/planning? Perencanaan merupakan unsur yang sangat penting dan merupakan fungsi fundamental manajemen, karena organizing, actuating, dan controlling harus terlebih dahulu direncanakan.

Adapun pengertian planning adalah kegiatan memilih dan menghubungkan fakta-fakta dan membuat, serta menggunakan asumsi-asumsi mengenai masa yang akan datang dalam hal memvisualiasasikan serta merumuskan aktifitas-aktifitas yang diusulkan yang dianggap perlu untuk mencapai hasil-hasil yang diinginkan.

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam melakukan planning atau perencanaan, yakni harus S.M.A.R.T = Spesific, Measurable, Achievable, Realistic, Time. Penjelasan singkatnya sebagai berikut:
  1. Spesific artinya perencanaan harus jelas maksud maupun ruang lingkupnya. Tidak terlalu melebar dan terlalu idealis.
  2. Measurable artinya program kerja organisasi atau rencana harus dapat diukur tingkat keberhasilannya.
  3. Achievable artinya dapat dicapai. Jadi bukan hanya sekedar angan-angan dalam merencanakan dan tidak dapat dilaksanakan.
  4. Realistic artinya sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang ada. Tidak terlalu mudah dan tidak terlalu sulit.
  5. Time artinya ada batas waktu yang jelas. Mingguan, bulanan, triwualn, semesteran atau tahunan. Sehingga mudah dinilai dan dievaluasi.

Salah satu cara menilai kegiatan perencanaan yang bermacam-macam menurut Terry ialah meninjau dari dimensi waktu yaitu.
  • Perencanaan jangka panjang. Biasanya mempunyai jangka waktu 5 - 10 tahun bahkan lebih, tergantung besar tidaknya suatu perusahaan, organisasi maupun lembaga itu sendiri.
  • Perencanaan jangka menengah. Biasanya mempunyai jenjang waktu 2 - 5 tahun.
  • Perencanaan jangka pendek. Biasanya mempunyai jangka waktu 1 - 3 tahun.

Adapun perencanaan dilihat dari substansi perencanaan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Objective (Sasaran)


Perencanaan yang berbentuk objective ini sebenarnya bentuk khusus dari tujuan (goal, end). Sasaran tersebut tergantung pada kegiatan masing-masing yang terdapat dalam perusahaan, seperti pemasaran produksi, kepegawaian, dan sebagainya.

2. Policy (Kebijakan)


Policy atau kebijakan ialah pernyataan umum tentang perilaku dari organisasi dalam menentukan pedoman untuk pengambilan keputusan mengenai sumber-sumber yang diperlukan.

3. Procedure (Prosedur)


Prosedur sama dengan kebijakan, tetapi prosedur banyak ditekankan dalam menentukan jawaban yang tertentu dalam mengendalikan kegiatan untuk waktu yang akan datang.

4. Method (Metode)


Metode merencanakan atau cara bagaimana setiap tugas dari suatu prosedur akan diselenggarakan oleh seorang pekerja. Jadi ringkasnya, metode adalah cara melaksanakan atau melakukan sesuatu.

5. Standart (Ukuran baku)


Suatu standart merupakan suatu nilai yang dalam manajemen digunakan sebagai norma atau sebagai dasar rujukan.

6. Budget (Anggaran)


Budget adalah rencana yang mempunyai dua segi yaitu segi penerimaan dan pengeluaran. Suatu budget merupakan kategori penting dari rencana sehingga kadang-kadang dianggap segi terpenting pada setiap perusahaan.

2. Pengorganisasian (Organizing)


Sebagaimana yang diungkapkan Malayu (1989) Pengorganisasian (organizing) adalah suatu proses penentuan pengelompokan dan pengaturan bermacam-macam aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan, menempatkan orang-orang pada setiap aktifitas, menetapkan wewenang yang secara relative didelegasikan kepada setiap individu yang akan melakukan aktivitas-aktivitas tersebut.

Menurut George R. Terry, Organizing ialah penentuan, pengelompokkan, dan penyusunan macam-macam kegiatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan, penempatan orang-orang (pegawai), terhadap kegiatan-kegiatan ini, penyediaan faktor-faktor fisik yang cocok bagi keperluan kerja dan penunjukkan hubungan wewenang, yang dilimpahkan terhadap setiap orang dalam hubungannya dengan pelaksanaan setiap kegiatan yang diharapkan.

Terry (Sukarna, 2011:46) juga mengemukakan tentang asas-asas organizing yaitu sebagai berikut:
  1. Tujuan atau the objective.
  2. Pembagian kerja atau Departementation.
  3. Penempatan tenaga kerja atau Assign the personel.
  4. Wewenang dan tanggung jawab atau Authority and Responsibility.
  5. Pelimpahan wewenang atau Delegation of authority

3. Penggerakan (Actuating)


Menurut George R. Tery, Penggerakan (actuating) adalah membangkitkan dan mendorong semua anggota kelompok agar berkehendak dan berusaha dengan keras untuk mencapai tujuan dengan ikhlas serta serasi dengan perencanaan dan usaha-usaha pengorganisasian dari pihak pimpinan.

Fungsi actuating (penggerak dan pelaksanaan) dalam istilah lainnya yaitu motivating (membangkitkan motivasi), directing (memberikan arah), influencing (mempengaruhi) dan commanding (memberikan perintah atau komando).

Faktor-faktor yang diperlukan untuk penggerakan yaitu:
  1. Kepemimpinan (Leadership)
  2. Sikap dan moril (Attitude and morale)
  3. Tata hubungan (Communication)
  4. Perangsang (Incentive)
  5. Supervisi (Supervision)
  6. Displin (Discipline).

Tujuan dari fungsi penggerakan (actuating) adalah sebagai berikut:
  1. Menciptakan kerja sama yang lebih efisien.
  2. Mengembangkan kemampuan dan ketrampilan staf.
  3. Menumbuhkan rasa memiliki dan menyukai pekerjaan.
  4. Menguasahakan suasana lingkungan kerja yang meningkatkan motivasi dan prestasi kerja staf.
  5. Membuat organisasi berkembang secara dinamis.

Tindakan penggerakan dibagi dalam tiga tahap, secara singkatnya yaitu:
  1. Memberikan semangat, motivasi, inspirasi atau dorongan sehingga timbul kesadaran dan kemauan para petugas untuk bekerja dengan baik.
  2. Pemberian bimbingan melalui contoh-contoh tindakan atau teladan.
  3. Pengarahan (directing atau commanding) yang dilakukan dengan memberikan petunjuk-petunjuk yang benar, jelas, dan tegas.

4. Pengawasan (Controlling)


Menurut George R. Terry, Pengawasan (controlling) dapat dirumuskan sebagai proses penentuan apa yang harus dicapai yaitu standard, apa yang sedang dilakukan yaitu pelaksanaan, menilai pelaksanaan, dan bilamana perlu melakukan perbaikan-perbaikan, sehingga pelaksanaan sesuai dengan rencana, yaitu selaras dengan standard (ukuran).

Terry (Sukarna, 2011:116), mengemukakan proses pengawasn sebagai berikut, yaitu:
  1. Menentukan standard atau dasar bagi pengawasn (Determining the standart of basis for control).
  2. Ukuran pelaksanaan (Measuring the performance).
  3. Bandingkan pelaksanaan dengan standar dan temukan jika ada perbedaan (Comparing performance with the standard and ascerting the difference, it any).
  4. Perbaiki penyimpangan dengan cara-cara tindakan yang tepat (Correcting the deviation by means of remedial action).

Itulah tadi 4 fungsi dasar manajemen yaitu POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling).

Demikianlah artikel tentang pengertian POAC dalam fungsi dasar manajemen terlengkap. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Get notifications from this blog

 
close