√ Tujuan/Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum & Bagi Perusahaan [Singkat] - Ensiklopediasli

Sabtu, 18 Mei 2019

Tujuan/Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum & Bagi Perusahaan [Singkat]

Tujuan/Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum dan Bagi Perusahaan - Manfaat jaringan komputer bagi user dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu untuk kebutuhan perusahaan dan jaringan untuk umum. Berikut penjelasan singkatnya.

Manfaat Jaringan Komputer Bagi Perusahaan

Tujuan/Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum & Bagi Perusahaan [Singkat]

Tujuan utama dari terbangunnya sebuah jaringan pada suatu perusahaan adalah:

Resource sharing


Resource sharing yang bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data, bisa digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai.

High reliability


High reliability (keandalan tinggi) yang diperoleh karena tersedianya sumber daya alternatif. Misalnya, semua file dapat disalin (back-up) ke semua mesin sehingga bisa salah satu mesin mati, maka file tetap dapat diakses dan mesin lain yang masih aktif.

Selain itu dengan adanya CPU yang banyak maka bila salah satu CPU tidak dipakai, maka CPU lain akan mengambil alih tugasnya, walaupun kinerjanya jadi menurun. Kemampuan melanjutkan pekerjaan saat mendapatkan masalah pada perangkat keras adalah suatu hal yang sangat penting.

Saving Money


Saving money (menghemat uang). Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibanding dengan komputer yang besar. Komputer mainframe kira-kira memiliki kecepatan 10 x lipat kecepatan komputer pribadi, akan tetapi harga mainframe 10 x lebih mahal.

Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja ini menyebabkan para perancang sistem merasa lebih baik membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer kecil (PC).

Manfaat Jaringan Komputer untuk Umum


Jaringan komputer akan memberikan layanan yang berbeda kepada perorangan di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan perusahaan. Terdapat tiga hal pokok yang menjadi daya tarik jaringan komputer pada perorangan yaitu:
  1. Access ke informasi yang berada di tempat lain (seperti akses berita hari ini, info e-goverment, e-commerce atau e-business), yang semuanya uptodate.
  2. Komunikasi orang ke orang (person to person seperti e-mail, chatting, video conference, dll).
  3. Hiburan interaktif (seperti nonton acara tv online, radio streaming, download film atau lagu, dll).

Demikianlah artikel tentang tujuan atau manfaat jaringan komputer secara umum dan bagi perusahaan singkat. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Get notifications from this blog

 
close