√ Teks Prosedur Kompleks (Pengertian, Contoh, Struktur, Ciri, Tujuan) - Ensiklopediasli

Sabtu, 24 Desember 2022

Teks Prosedur Kompleks (Pengertian, Contoh, Struktur, Ciri, Tujuan)

Teks Prosedur Kompleks Pengertian, Contoh Singkat, Struktur, Ciri-ciri, Kaidah dan Tujuan - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas pelajaran Bahasa Indonesia tentang teks prosedur kompleks. 


Dalam kaitan dengan aspek warga negara yang baik untuk mengikuti tahapan dalam suatu proses, Anda akan mengeksplorasi teks prosedur kompleks.

Anda akan mengetahui bahwa teks prosedur kompleks berisi langkah-langkah atau tahapan-tahapan yang harus ditempuh untuk mencapai suatu tujuan. 

Banyak kegiatan sehari-hari kita menggunakan sebuah prosedur. Jika Anda tidak mengikuti prosedur tersebut maka tujuan itu tidak tercapai.

Contoh salah satu prosedur adalah pada saat Anda mendaftar ke SMA/SMK. Apakah Anda ingat Apa yang Anda lakukan pada saat itu? Persyaratan tertentu apa yang harus Anda penuhi dan langkah-langkah apa saja yang harus Anda tempuh?

Apabila pada saat itu syarat tidak Anda penuhi dan langkah-langkah yang diminta tidak Anda tempuh, tujuan Anda untuk masuk sekolah yang Anda inginkan tidak akan tercapai. 

Hal yang Anda lakukan pada saat mendaftar itu tidak lain adalah prosedur.

Berikut ini adalah pengertian teks prosedur kompleks, contohnya, struktur, ciri-ciri dan tujuan.

Teks Prosedur Kompleks



Pengertian Teks Prosedur Kompleks


Teks prosedur kompleks adalah jenis teks yang menunjukkan dan menjelaskan sebuah proses dalam membuat atau mengoperasikan sesuatu yang dikerjakan melalui langkah-langkah yang sistematis/teratur. Teks prosedur kompleks memberi tahu kita bagaimana cara yang ditempuh melalui langkah-langkah agar tujuan tercapai.

Contoh Teks Prosedur Kompleks


Cara Membuat Blog di Blogspot

Blog merupakan sebuah catatan pribadi yang dimuat dalam sebuah postingan dan disimpan dalam sebuah web online dan biasanya bersifat terbuka bagi siapa saja yang mengunjungi dan membaca isi dari blog tersebut. Untuk membuat blog di blogspot ikuti langkah-langkah berikut ini.

1) Pertama Anda harus mengetikkan di google www.blogger.com
2) Pastikan Anda telah login akun gmail
3) Setelah login, Anda akan diarahkan ke dashboard blogger, lalu klik tombol "Blog baru"
4) Isi kolom judul, alamat blog dan pilih template
5) Terakhir klik tombol "Buat blog".


Cara Membuat Blog di Wordpress

1) Pertama Anda harus membuka situs Wordpress
2) Kemudian, masukkan alamat web yang ingin dibuat
3) Selanjutnya klik tombol "Buat situs web"
4) Maka akan muncul halaman baru. Pada halaman ini Anda akan diminta untuk mengisi kolom-kolom, seperti alamat email, nama pengguna (untuk login), password dan alamat blog
5) Pihak Wordpress akan mengirimkan link untuk verifikasi ke email Anda. Cari email dari Wordpress dan klik link verifikasinya
6) Setelah melakukan verifikasi, nanti akan terbuka tab baru di browser Anda dan Anda akan melihat halaman dashboard Wordpress milik Anda.


Cara membuat Email baru di Gmail

1) Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan cara buka url http://gmail.com
2) Kemudian klik "Creat An Account"
3) Silahkan isi form pendaftaran sesuai data pribadi Anda.
4) Setelah mengisi form pendaftaran tadi sesuai data pribadi Anda. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman verifikasi akun, isi dengan no. handphone Anda dan pilih Bagaimana seharusnya mengirimkan kode verifikasi
5) Kemudian klik lanjutkan
6) Anda akan diberi kode verifikasi yang dikirim oleh Google secara otomatis ke nomor handphone yang sudah Anda isikan tadi, kemudian masukkan kode verifikasi ke dalam kotak yang sudah tersedia.


Cara Mengurus Kartu Pelajar

1) Hal yang harus Anda lakukan pertama adalah datang ke kantor tata usaha di sekolah Anda
2) Mintalah blanko untuk kartu pelajar kepada petugas yang berjaga
3) Isilah data-data yang tertera pada blanko dengan benar dan jujur
4) Setelah blanko tadi sudah Anda isi, kemudian serahkan kepada petugas yang berjaga
5) Selanjutnya, Anda akan memasuki ruang pengambilan foto
6) Setelah selesai berfoto, kartu pelajar akan jadi lebih kurang dua minggu tergantung kepada sekolah Anda.


Cara Mengurus Paspor

1) Pertama datang ke kantor imigrasi. Bisa datang ke kantor imigrasi yang tertera pada KTP kita atau datang ke kantor imigrasi terdekat
2) Kemudian Anda beli formulir permohonan, formulir permohonan ada di loket yang sudah disediakan, isi dengan lengkap formulir tersebut sesuai dokumen yang Anda miliki dan bawalah dokumen yang asli
3) Selanjutnya serahkan formulir permohonan tadi ke loket pendaftaran
4) Setelah itu ambil tanda terima dan jadwal foto serta pengambilan sidik jari
5) Apabila Anda sudah berfoto dan mengambil sidik jari, maka Anda sampai pada tahap wawancara dengan menunjukkan dokumen asli
6) Setelah tahap wawancara telah usai, langkah berikutnya adalah membayar buku paspor dan menandatangani buku paspor serta minta informasi kapan jadwal pengambilan paspor yang sudah selesai
7) Pada saat tanggal yang telah ditentukan sebelumnya, kita dapat datang lagi untuk mengambil paspor yang telah jadi. Biasanya dalam waktu seminggu paspor baru Anda sudah selesai dan bisa diambil.


Cara Membuat Email Yahoo

Untuk membuat email Yahoo, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka halaman utama Yahoo di alamat https://www.yahoo.com/.
  2. Pada halaman utama, klik tombol "Sign In" yang terletak di bagian atas kanan halaman.
  3. Pada halaman "Sign In" selanjutnya, klik tombol "Sign up" di bagian bawah kotak "Sign In".
  4. Selanjutnya, akan muncul formulir pendaftaran Yahoo. Isi formulir tersebut dengan data diri yang diperlukan, seperti nama, tanggal lahir, jenis kelamin, dan alamat email.
  5. Setelah mengisi formulir, klik tombol "Continue" untuk melanjutkan proses pendaftaran.
  6. Pada langkah berikutnya, Anda akan diminta untuk membuat password untuk akun Yahoo Anda. Buat password yang kuat dengan menggunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol.
  7. Selanjutnya, akan muncul halaman untuk memverifikasi identitas Anda. Pilih metode verifikasi yang Anda inginkan, seperti mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon atau alamat email Anda, atau menggunakan aplikasi authenticator.
  8. Setelah berhasil memverifikasi identitas, akun Yahoo Anda akan terbuat dan Anda bisa langsung menggunakannya untuk mengirim dan menerima email.
  9. Untuk mengakses akun Yahoo Anda, buka halaman utama Yahoo dan masuk dengan menggunakan alamat email dan password yang sudah Anda buat.


Struktur Teks Prosedur Kompleks


Struktur teks merupakan cara atau bagian teks itu dibangun. Teks prosedur kompleks tersusun pada bagian tujuan, material, dan langkah-langkah.


  • Bagian tujuan : hasil akhir yang akan dicapai.
  • Bagian material : berisi informasi tentang alat dan bahan yang dibutuhkan (tidak semua teks prosedur terdapat bagian ini).
  • Bagian langkah-langkah : cara-cara yang ditempuh agar tujuan tercapai.


Ciri-ciri dan kaidah Teks Prosedur Kompleks


Ciri-ciri umum :

  • Berisi langkah-langkah
  • Disusun secara informatif
  • Bersifat objektif
  • Dijelaskan secara detail
  • Langkah berkelanjutan dengan penjelasan
  • Bersifat universal
  • Menggunakan syarat/pilihan
  • Bersifat logis
  • Bersifat aktual dan akurat


Ciri kebahasaan pada teks prosedur kompleks :

  • Terdapat kalimat Deklaratif : kalimat yang berisi pernyataan
  • Terdapat kalimat Imperatif : kalimat yang mengandung perintah
  • Terdapat kalimat Introgatif : kalimat yang berisi pertanyaan
  • Partisipan manusia secara umum
  • Verba material : yang mengacu pada tindakan fisik, contoh : melakukan, menilang
  • Verba tingkah laku : yang mengacu ada sikap yang dinyatakan dengan ungkapan verbal (bukan sikap mental yang tampak)
  • Konjungsi temporal : konjungsi yang mengacu pada urutan tertentu dan sekaligus menjadi sasaran kohesi teks, seperti 1,2,3 dst


Tujuan Teks Prosedur Kompleks


Tujuan teks prosedur kompleks adalah untuk menjelaskan atau menunjukkan bagaimana mengerjakan sesuatu dengan langkah-langkah yang urut/sistematis.

Teks prosedur kompleks biasanya digunakan dalam dokumen instruksi atau panduan yang menjelaskan cara melakukan sesuatu dengan tepat dan akurat. 

Tujuannya adalah untuk membantu pembaca mengikuti proses dengan mudah dan memahami setiap langkah yang harus dilakukan, sehingga dapat menyelesaikan proses dengan sukses. 

Teks prosedur kompleks juga dapat digunakan untuk menjelaskan cara menggunakan suatu peralatan atau mesin dengan aman dan efektif.

Baca juga: 5 Contoh Teks Prosedur Membuat Minuman Jus dan Strukturnya

Demikianlah artikel kali ini tentang Teks Prosedur Kompleks (Pengertian, Contoh, Struktur, Ciri dan Tujuan. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Get notifications from this blog

 
close