√ Sejarah Illuminati Organisasi Rahasia di Dunia - Ensiklopediasli

Kamis, 04 Juni 2015

Sejarah Illuminati Organisasi Rahasia di Dunia

Sejarah Illuminati Organisasi Rahasia di Dunia - Iluminati adalah nama yang diberikan untuk beberapa kelompok, baik yang nyata (historis) maupun fiktif belaka. Iluminati dalam bahasa latin berarti Illuminatus, "tercerahkan", nama ini merujuk pada Illuminati Bavaria, sebuah kelompok rahasia pada Zaman Pencerahan yang didirikan pada tanggal 1 Mei tahun 1776.

Adam Weishaupt
Adam Weishaupt, pendiri Illuminati
Bavaria.

Sejak terbitnya karya fiksi ilmiah postmodern yang berjudul The Illuminatus! Trilogy (1975-1977) karya dari Robert Shea dan Robert Anton Wilson, nama Illuminati dipakai untuk menunjukkan organisasi persekongkolan yang dipercaya mendalangi dan mengendalikan berbagai peristiwa di dunia melalui pemerintah dan korporasi untuk mendirikan Tatanan Dunia Baru. Dalam konteks ini, Illuminati digambarkan sebagai versi yang modern atau berkelanjutan dari Illuminati Bavaria.

Sejarah Illuminati


Gerakan Illuminati didirikan pada tanggal 1 Mei 1776 di Ingolstadt (Bavaria Atas) dengan nama Ordo Illumnati, dengan anggota baru 5 orang, dan di pelopori oleh Adam Weishaupt (m. 1830). Dia adalah seorang Profesor hukum kanon di Universitas Ingolstadt yang dikelola oleh tarekat Yesuit. Sebagai satu-satunya profesor dari kalangan non klerikal, kelompok ini para pemikir bebas sebagai wujudan pencerahan dan kelihatannya mencontoh Freemason. Anggota Illuminati wajib menjalani sumpah rahasia dan ikrar kepada atasan mereka. Anggota Illuminati terbagi atas tiga kelas, masing-masing beberapa tingkatan, dan banyak cabang Illuminati menarik anggota dari loji Mason yang sudah ada.

Pada awalnya Weishaupt yang merencanakan bahwa  kelompok ini dinamakan "Perfectibilists". Kelompok ini juga disebut dengan Illuminati Bavaria dan ideologi yang disebut "Illuminisme. Banyak anggota dari intelektualis dan politisi progresif terkenal yaitu Ferdinand dari Brunswick dan diplomat Xavier von Zwack, organisasi ini banyak memiliki cabang di negara Eropa, dilaporkan bahwa ada sebanyak 2.000 anggota dalam kurun waktu 10 tahun. Organisasi ini menarik bagi sastrawan seperti Johann Wolfgang von Goethe dan Johann Gottfried Herder. sekaligus para duke yang berkuasa di Gotha dan Weimar.

Pada tahun 1777 Karl Theodor menjadi penguasa Bavaria. Dia adalah orang yang mendukung Depotisme Tercerahkan dan melarang segala jenis kelompok rahasia seperti Illuminati. yang dipengaruhi oleh Dekrit Sekular yang dikeluarkan oleh pemerintah. Dekrit yang terjadi  pada tanggal 2 Maret 1785 "nampaknya menjadi pukulan yang mematikan bag Illuminati yang berada di Bavaria". Weishaupt membawa kabur dokumen dan korespodensi internal Illuminati, tetapi kemudian diambil pada tahun 1786 dan 1787, lalu dipublikasikan pada tahun 1787. Rumah Von Zwack digeledah untuk mencari dokumen yang lain mengenai kelompok tersebut.

Illuminati Modern


Sebagian kelompok persaudaraan modern mengklaim "pewaris" Illuminati Bavaria dan secara terbuka memakai nama "Illuminati" dalam pelaksanaan ritus mereka, misalnya banyak orang  yang mengaku sebagai "Ordo Illuminati", menggunakan nama tersebut langsung dalam organisasinya, misalnya Ordo Tempil Orientis, yang menggunakan nama "Illuminati" sebagai tingkatan inisiasi dalam organisasi mereka.

Masa Modern


Ketertarikan pada Illuminati berawal dari diterbitkannya The Illuminatus! Trilogy, sebuah karya fiksi postmodern yang menceritakan Illuminati sebagai penguasa dunia. Para penulis seperti Mark Dice, David Icke, Texe Marrs, Ryan Burke, Juri Lina dan Morgan Gricar berpendapat bahwa Illuminati Bavaria terus bertahan, hingga saat ini. Para penganut teori persengkokolan bahwa banyak orang yang terkenal menjadi anggota Illuminati. Presiden Amerika Serikat sering dikalim sebagai anggota Illuminati tersebut.

Tokoh dari gerakan persengkokolan, Myron Fagan, berusaha mencari bukti-bukti bahwa banyak peristiwa yang bersejarah. Mulai dari Pertempuran Waterloo, Revolusi Prancis, sampai pembunuhan Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy, semua yang terjadi didalangi oleh Illuminati.

Baca Juga: Sejarah Freemasonry Organisasi Rahasia Terbesar di Dunia.

Referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Illuminati

Demikianlah artikel saya kali ini tentang Sejarah Illuminati Organisasi Rahasia di Dunia. Semoga bermanfaat bagi Anda. Jika Anda menyukai artikel ini tolong dibagikan. Sekian dan Terimakasih.

Get notifications from this blog

 
close