√ 5 Pemain Bulutangkis Indonesia Terbaik Sepanjang Sejarah - Ensiklopediasli

Sabtu, 06 Juni 2015

5 Pemain Bulutangkis Indonesia Terbaik Sepanjang Sejarah

5 Pemain Bulutangkis Indonesia Terbaik Sepanjang Sejarah - Meskipun pada saat ini tidak banyak pemain bulutangkis yang hebat di Indonesia, namun harus diakui dulu Indonesia pernah mempunyai pemain bulutangkis terhebat dalam bidangnya. Indonesia sering menorehkan sejarah lewat cabang olahraga yang satu ini. Nama Indonesia pernah menjadi negara yang disegani di event-event kejuaraan internasional.

Hal ini tidak lepas dari kegigihan dan kesabaran para atlet. Di tengah kondisi stabilitas ekonomi dan politik Indonesia yang sangat buruk ini. Para atlet terus berusaha mencetak prestasi yang membuat seluruh dunia tercengang. Bahkan ada  masanya dimana orang-orang dari Eropa mengakui bahwa banyak di Indonesia pernah terlahir atlet yang tangguh.

Berikut ini adalah 5 Pemain Bulutangkis Indonesia Terbaik Sepanjang Sejarah:

1. Rudy Hartono Setiawan


Rudy Hartono



Pria yang lahir pada tanggal 18 Agustus 1949 ini merupakan salah satu pemain bulutangkis terbaik di Indonesia sepanjang masa. Ia berhasil meraih gelar pemain tunggal putra terbaik sebanyak delapan kali di kompetisi All-England Championship. Tujuh diantara kemenangannya diraih secara berturut-turut pada periode 1968 sampai 1974. Dari situs Wikipedia, dia disebut sebagai salah satu pemain bulutangkis terbaik di dunia.

Hingga pada saat ini tidak ada yang mampu mengalahkan rekor pria ini yang lebih dikenal dengan nama Rudy Hartono. Dia juga pernah menerima Tanda Kehormatan Republik Indonesia Bintang Jasa Utama. Rudy pernah membintangi sebuah film yang berjudul "Matinya Seorang Bidadari" pada tahun 1971.

2. Liem Swie King


Liem Swie King
Liem Swie King adalah salah satu seseorang dari generasi emas kedua yang ada di Indonesia, khususnya di cabang tunggal putra. Dia disebut-sebut sebagai legenda yang meneruskan masa gemilang Rudy Hartono. Meskipun prestasinya tidak semulus Rudy Hartono, namun Liem berhasil memenangkan piala All-England sebanyak tiga kali dan empat kali menjadi runner up.

Putra tunggal dari delapan bersaudara ini memang sangat menggemari badminton sejak taman kanak-kanak. Dia mempunyai gaya smash yang ciri khas dan dijuluki sebagai The King Smash alias Raja Smash. Pada tahun 2002 dia masuk ke dalam daftar Badminton Hall of Fame. Kisah hidup Liem Swie King pernah diangkat ke layar lebar dalam sebuah film yang berjudul "KING".

3. Alan Budikusuma


Alan Budikusuma
Pria ini lahir pada tanggal 29 Maret 1968 merupakan pemain badminton yang mempunyai masa kejayaan diantara akhir tahun 80-an hingga pertengahan 90-an. Pada tahun 1992 dia memenangkan Piala Olimpiade Barcelona, yang menjad rekor pertama Indonesia. Walaupun dia menjadi pemain terbaik Indonesia sepanjang sejarah, tetapi, Alan belum pernah mencicipi bagaimana rasanya menjadi juara dari All-England dan Thomas Cup.

Namun karena peraihan mendali emasnya pada Olimpiade Barcelona. Itu merupakan salah satu momen paling bersejarah yang dirayakan oleh bangsa Indonesia. Kemenangan itu pulalah yang membuat Alan mendapatkan Tanda Kehormatan Republik Indonesia Bintang Jasa Utama, seperti yang pernah dianugerahkan kepada Rudy Hartono.

4. Haryanto Arbi


Haryanto Arbi
Haryanto Arbi adalah pemain bulutangkis Indonesia yang dikenal dengan julukan "Smash 100 watt" berkat kecepatannya yang sangat mengagumkan. Pria yang lahir pada tanggal 21 Januari 1972 merupakan salah satu pemain bulutangkis terbaik sepanjang sejarah pada era 90-an. Dia yang merupakan adik dari pemain bulutangkis Eddy Hartono dan Hastomo, yang juga adalah pemain bulutangkis kelas internasional.

Haryanto banyak memenangkan kejuaraan diantarannya adalah Chinese Taipei Open, Japan Open, Badminton World Cup, Hong Kong Open, Korea Open, Singapore Open, SEA Games dan Asian Games. Dia juga menjadi tim dari pemain Thomas Cup dari Indonesia yang menang berturut-turut pada tahun 1994, 1996, dan 1998. Dia juga meraih gelar IBF Historical Ranking cabang tunggal putra pada tahun 1995.

5. Taufik Hidayat


Taufik Hidayat
Pria yang berasal dari Jawa Barat ini adalah salah satu pemain bulutangkis yang paling populer pada masanya. Dia bersaing keras dengan pebulutangkis asal negeri Tirai Bambu yaitu Lin Dan. Taufik pernah memenangkan kejuaraan Olimpiade Athena dan mendapatkan emas pada tahun 2004. Dan juga memenangkan piala dunia bulutangkis pada tahun 2005. Sepanjang kariernya, Taufik Hidayat memenangkan berbagai kompetisi  sebanyak 27 kali dan 19 kali menjadi runner up dari berbagai macam pertandingan tingkat dunia.

Namun, kini Taufik Hidayat telah resmi pensiun dari dunia badminton ini dan mendirikan sebuah training center di daerah Jakarta Timur. Taufik pernah menjadi salah satu atlet yang masuk ke majalah Times untuk kategori "100 Atlet Olimpiade Yang Harus Ditonton'. Dan saat ini, dia tetap menjadi salah satu pemain bulutangkis Indonesia terbaik sepanjang sejarah.

Baca Juga: Sejarah Asal Usul Etnis Rohingya di Myanmar.

Referensi: http://paling-unik.com/olahraga/pemain-bulutangkis-terbaik-indonesia-sepanjang-masa/1, http://paling-unik.com/olahraga/pemain-bulutangkis-terbaik-indonesia-sepanjang-masa/2.

Demikianlah artikel saya kali ini tentang 5 Pemain Bulutangkis Indonesia Terbaik Sepanjang Sejarah. Semoga banyak memberi pengetahuan bagi Anda. Jika Anda menyukai artikel ini tolong dibagikan ya. Sekian dan Terimakasih.

Get notifications from this blog

 
close