√ 6 Badan Kerja Sama Multilateral dengan Lengkap - Ensiklopediasli

Minggu, 31 Mei 2015

6 Badan Kerja Sama Multilateral dengan Lengkap

6 Badan Kerja Sama Multilateral dengan Lengkap - Badan negara dapat diartikan sebagai sebuah organisasi yang berdasarkan suatu perjanjian, kriteria, dan tujuan tertentu antarnegara.

Badan kerja sama Multilateral:

  1. Bank Dunia
  2. ECOSOC (Economic and Social Council)
  3. ADB (Asian Development Bank)
  4. IDB (Islamic Development Bank)
  5. IMF (International Monetary  Fund)
  6. WTO (World Trade Organization)

1) Bank Dunia


Bank Dunia


Bank Dunia adalah badan dunia yang membantu suatu negara dalam memperbaiki kehidupan masyarakat. Badan ini berdiri pada tanggal 27 Desember 1945 berdasarkan kesepakatan konferensi Bretton Woods dan rsmi beroperasi pada tanggal 25 Juni 1946. Badan ini bertugas membantu negara-negara yang rusak akibat perang dengan memberikan bantuan kebijakan dan pendanaan.

Pendirian Bank Dunia memiliki tujuan antara lain membantu perbaikan dan pendanaan pembangunan negara anggota, mempromosikan investasi swasta asing dengan memberikan jaminan pinjaman yang berkaitan dengan investasi, serta mempromosikan pinjaman jangka panjang dalam perdagangan antarnegara dan menyeleksi program pentng berkaitan dengan investasi swasta asing.

Dalam mnjalankan tugasnya, Bank Dunia memiliki lembaga keuangan sebagai berikut.

a) IBRD


International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) adalah badan dunia dalam bidang perbankan untuk pembangunan dan kemajuan negara berkembang. Badan ini berdiri pada tanggal 27 Desember 1945 dan mulai beroperasi tanggal 6 Juni 1946. IBRD memiliki tujuan memberikan bantuan dalam jangka panjang dan jangka pendek bagi negara yang sedang membangun, memberi bantuan teknik secara cuma-cuma, serta meningkatkan perdagangan internasional.

b) IDA


International Development Association (IDA) atau Asosi pembangunan Internasional adalah badan dunia yang menangani bidang pembangunan, berdiri pada tanggal 15 September 1960. IDA bertujuan memajukan pembangunan ekonomi, meningkatkan produktivitas, dan menaikkan standar hidup negara-negara anggota yang kurang maju. Selain itu, IDA memberikan hibah atau bantuan untuk melaksanakan pembangunan proyek bagi negara miskin. Misalnya, proyek air bersih, penanggulangan wabah penyakit, dan mengurangi efek rumah kaca.

c) MIGA


Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA) atau Badan Penjamin Investasi Multilateral adalah badan yang didirikan untuk menjamin investasi modal langsung ke negara-negara berkembang. Misalnya mendirikan pabrik atau perusahaan, pembangunan jalan, bendungan, dan pembangkit listrik, Investasi, modal memiliki tujuan mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di negara-negara sedang berkembang. Selain itu, MIGA juga mempromosikan investasi langsung ke negara-negara yang sedang berkembang.

d) IFC


International Financial Corporation (IFC) adalah badan dunia dalam bidang keuangan yang memberikan bantuan modal kepada sektor swasta. Badan ini  berdiri pada tahun 1956 dengan tujuan memajukan pembangunan ekonomi negara-negara berkembang melalui pemberian modal guna mendorong pertumbuhan sektor swasta, membantu swasta mengalokasikan dana di pasar uang dunia, serta menyediakan bantuan teknik dan analisis bagi dunia usaha dan pemerintah.

e) ICSID


International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID) atau Asosiasi Internasional untuk Penyelesaian Perselisihan Investasi atau Internasional dibentuk pada tahun  1966. Badan ini bertugas untuk menyelesaikan perselisian investasi atau penanaman modal antara pemerintah dan negara asing.

2) ECOSOC


ECOSOC
Economic and Social Council (ECOSOC) atau Dewan Ekonomi dan Sosial adalah badan dunia yang mengurusi masalah ekonomi dan sosial. Badan ini pertama kali melakukan pertemuan pada tanggal 23 Januari 1946 di London. Badan ini bertugas mengoordinasi pekerjaan ekonomi dan sosial PBB, menampung isu-isu tentang hak asasi manusia, serta memfasilitasi  kerja sama budayadan pendidikan internasional. Badan ini membawahi badan-badan khusus PBB sebagai berikut.


a) FAO



Untuk mengurusi masala pangan dan pertanian, PBB membntuk badan khusus yang bernama Food Agricultural Organization (FAO). Badan khusus ini didirikan pada tanggal 16 Oktober 1945. FAO memiliki tujuan antara lain memajukan dan meningkatkan kuantitas dan kualitas bahan makanan, mengurangi bahaya kelaparan, serta mempromosikan kegiatan pembangunan di perdesaan.

b) ILO


Internatonal Labour Organization (ILO) atau Organisasi Buruh Internasional adalah badan khusus yang menangani masalah perburuan. ILO berdiri pada tanggal 11 April 1919 yang bertujuan mewujudkan perdamaian dengan terciptanya keadilan sosial, mendorong peningkatan kesejahteraan buruh, serta menciptakan kestabilan ekonomi dan sosial.

c) UNESCO


United Nations Educatio Scientific Cultural Organization (UNESCO) adalah badan khusus yang menangani pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya.

d) WHO


Word Health Organization (WHO) adalahbadan khusus yang menangani masalah kesehatan negara-negara di dunia. Badan ini didirikan pada tanggal 1948.

3) ADB

adb
Asian Development Bank (ADB) atau Bank Pembangunan Asia didirikan pada tahun 1966. ADB adalah badan keuangan yang memberikan bantuan bagi negara-negara Asia yang sedang membanngun. Negara yang menjadi anggota ADB terdiri atas negara-negara di kawasan Asia Pasifik.

Badan ini berfungsi memberikan pinjaman dan modal untuk kemajuan ekonomi dan sosial, memberikan bantuan teknik dan jasa pembangunan, mendorong investasi swasta dan modal untuk pembangunan, serta merespons permintaan bantuan dari negara-negara anggota.

4) IDB


idb
Islamic Development Bank (IDB) adalah badan dunia yang memberikan bantuan bagi pembanguan ekonomi dan sosial di negara-negara Islam atau mayoritas penduduknya Islam. IDB didirikan pada tanggal 23 April 1975.

5) IMF


IMF
International Monetary Fund (IMF) merupakan lembaga keuangan dunia yang menangani masalah keuangan. Masalah-masalah keuangan yang menjadi wewenang IMF di antaranya inflasi (kenaikan harga) dan pengangguran yang tinggi, depresiasi (penurunan nilai tukar mata uang) akibat persaingan dangang antarnegara, defisit neraca pembayaran, srta runtuhnya sistem keuangan dan perbankan.

IMF berdiri berdasarkan koferensi internasional di Bretton Woods, New Hampshire pada tanggal 1-22 Jul 1944. Negara-negara pelopor IMF menyepakati penataan kembali perekonomian dunia yang hancur akibat Perang Dunia II. IMF menyediakan pinjaman untuk membantu masalah keuangan suatu negara. Tujuan IMF antara lain sebagai berikut.

a) Memajukan kerja sama moneter internasional.
b) Memberikan kemudahan dalam perdagangan antarnegara.
c) Mendorong kestabilan perdagangan.
d) Menjaga perjanjian dan menghindari persaingan perdagangan yang tidak sehat.
e) Menciptakan sistem pembayaran yang lancara dalam perdagangan antar negara.
f) Mendorong pngurangan hambatan perdagangan antarnegara yang dapat menghambat perdagangan bebas.
g) Meyakinkan negara anggota dengan menyediakan sumber dana IMF.

6) WTO


WTO
World Trade Organization (WTO) atau Organisasi Perdagangan Dunia adalah badan yang menangani masalah perdagangan antarnegara. Perdagangan antarnegara diatur atas kesepakatan negara-negara anggota. WTO berdiri pada tanggal 1 Januari 1995 di Geneva, Swiss.

Sistem Perdagangan bebas telah ada sejak tahun 1947. Pada tahun  1947 terdapat aturan tentang tarif dan perdagangan dunia, sering disebut dengan General Agreement on Tariffs and Trade (GATT). Sejak berdirinya WTO, kesepakatan tentang perdagangan antarnegara diatur badan tersebut. WTO bertugas menyelesaikan sengketa dagang di antara negara-negara anggota. Badan ini membuat aturan dalam Understading on Rules and Procedures Governing the Settlement of Disputes (DSU). DSU dilengkapi pengadilan banding bagi negara yang tidak setuju terhadap sanksi yang diberikan atas keputusan WTO.

Baca juga: 11 Badan Kerja Sama Ekonomi Regional dengan Lengkap

Demikianlah artikel saya kali ini tentang 6 Badan Kerja Sama Multilateral dengan Lengkap. Semoga bermanfaat bagi Anda. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat tolong disukai dan dibagikan. Sekian dan Terimakasih.

Sumber: LKS IPS Kelas IX

Get notifications from this blog

 
close