√ 17 Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat Terbaru 2023 - Ensiklopediasli

Sabtu, 24 Desember 2022

17 Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat Terbaru 2023

17 Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat Terbaru 2023 - Teks prosedur kompleks adalah jenis teks yang menunjukkan atau menjelaskan sebuah proses dalam membuat atau mengoperasikan sesuatu yang dikerjakan melalu tahapan-tahapan yang sistematis atau teratur.

Teks prosedur kompleks bertujuan untuk menjelaskan atau menunjukkan bagaimana mengerjakan sesuatu dengan langkah-langkah yang urut atau sistematis.

Teks prosedur kompleks merupakan teks yang harus memuat seluruh unsur yang membangun secara lengkap sebuah teks prosedur kompleks. Unsur yang dimaksud adalah struktur dari sebuah teks prosedur kompleks.


Sebuah teks prosedur kompleks itu memiliki tiga struktur yang terdiri dari, pertama tujuan yaitu hasil akhir yang akan dicapai setelah menyelesaikan teks prosedur kompleks. 

Kedua adalah bagian material yaitu berisi informasi tentang alat dan bahan yang dibutuhkan, tetapi tidak semua prosedur kompleks terdapat bagian yang menunjukkan bagian material. 

Terakhir/ketiga adalah bagian langkah-langkah. Bagian ini menjelaskan cara-cara yang akan ditempuh agar tujuan tercapai.

Selain mempelajari strukturnya, kita juga harus mempelajari ciri-ciri dari teks prosedur kompleks. 

Ciri-ciri teks prosedur kompleks terdiri dari 2 macam, pertama ciri-ciri secara umum dan kedua ciri-ciri kebahasaan.

Ciri-ciri teks prosedur kompleks secara umum adalah langkah-langkah, disusun secara informatif, dijelaskan secara detail/rinci, bersifat objektif, bersifat universal, langkah berkelanjutan dengan penjelasan, menggunakan syarat/pilihan, bersifat logis, bersifat aktual dan akurat. Sedangkan;

Ciri-ciri kebahasaan pada teks prosedur kompleks adalah terdapat kalimat deklaratif, kalimat imperatif, kalimat introgatif, partisipan manusia secara umum, verba material, verba tingkah laku, dan konjungsi temporal.

Baca juga : Teks Prosedur Kompleks Pengertian, Contoh Singkat, Struktur, Ciri-ciri, Kaidah dan Tujuan

Berikut ini adalah 17 Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat Terbaru 2023.

15 Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat Terbaru



17 Contoh Teks Prosedur Kompleks


#1 Cara Membuat Email baru di Gmail


Gmail adalah layanan surel yang dimiliki oleh raksasa Google. Pengguna dapat mengakses Gmail dalam bentuk surat web/e-mail HTTPS, protokol POP3 atau IMAP4. Gmail diluncurkan dalam bentuk Beta pada tanggal 1 April 2004 dan tersedia untuk umum pada 7 Februari 2007 meski masih menyandang status Beta. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus ditempuh dalam membuat Gmail dengan benar.

1) Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan cara buka url http://gmail.com
2) Kemudian klik "Create An Account"
3) Silahkan isi form pendaftaran sesuai data pribadi Anda.
4) Setelah mengisi form pendaftaran tadi sesuai data pribadi Anda. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman verifikasi akun, isi dengan no. handphone Anda dan pilih Bagaimana seharusnya mengirimkan kode verifikasi
5) Kemudian klik lanjutkan
6) Anda akan diberi kode verifikasi yang dikirim oleh Google secara otomatis ke nomor handphone yang sudah Anda isikan tadi, kemudian masukkan kode verifikasi ke dalam kotak yang sudah tersedia.

#2 Cara Membuat Blog di Blogspot


Blog merupakan sebuah catatan pribadi yang dimuat dalam sebuah postingan dan disimpan dalam sebuah web online dan biasanya bersifat terbuka bagi siapa saja yang mengunjungi dan membaca isi dari blog tersebut. Untuk membuat blog di blogspot ikuti langkah-langkah berikut ini.

1) Pertama Anda harus mengetikkan di google www.blogger.com
2) Pastikan Anda telah login akun gmail
3) Setelah login, Anda akan diarahkan ke dashboard blogger, lalu klik tombol "Blog baru"
4) Isi kolom judul, alamat blog dan pilih template
5) Terakhir klik tombol "Buat blog".

#3 Cara Membuat Blog di Wordpress


Wordpress adalah sebuah aplikasi open source yang sangat populer digunakan untuk mesin blog (blog engine). Wordpress dibangun dalam bahasa pemrograman PHP dan database (basis data) MySQL. PHP dan MySQL merupakan perangkat lunak open source software. Bagaimana cara membuat blog di Wordpress? Ikuti  langkah-langkah dibawah ini dalam membuat blog di Wordpress.

1) Pertama Anda harus membuka situs Wordpress
2) Kemudian, masukkan alamat web yang ingin dibuat
3) Selanjutnya klik tombol "Buat situs web"
4) Maka akan muncul halaman baru. Pada halaman ini Anda akan diminta untuk mengisi kolom-kolom, seperti alamat email, nama pengguna (untuk login), password dan alamat blog
5) Pihak Wordpress akan mengirimkan link untuk verifikasi ke email Anda. Cari email dari Wordpress dan klik link verifikasinya
6) Setelah melakukan verifikasi, nanti akan terbuka tab baru di browser Anda dan Anda akan melihat halaman dashboard Wordpress milik Anda.

#4 Cara Mengurus Kartu Pelajar


1) Hal yang harus Anda lakukan pertama adalah datang ke kantor tata usaha di sekolah Anda
2) Mintalah blanko untuk kartu pelajar kepada petugas yang berjaga
3) Isilah data-data yang tertera pada blanko dengan benar dan jujur
4) Setelah blanko tadi sudah Anda isi, kemudian serahkan kepada petugas yang berjaga
5) Selanjutnya, Anda akan memasuki ruang pengambilan foto
6) Setelah selesai berfoto, kartu pelajar akan jadi lebih kurang dua minggu tergantung kepada sekolah Anda.

#5 Cara Mengurus Paspor


Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Bagaimana cara mengurus Paspor? Berikut ini adalah cara mengurus paspor dengan baik dan benar.

1) Pertama datang ke kantor imigrasi. Bisa datang ke kantor imigrasi yang tertera pada KTP kita atau datang ke kantor imigrasi terdekat
2) Kemudian Anda beli formulir permohonan, formulir permohonan ada di loket yang sudah disediakan, isi dengan lengkap formulir tersebut sesuai dokumen yang Anda miliki dan bawalah dokumen yang asli
3) Selanjutnya serahkan formulir permohonan tadi ke loket pendaftaran
4) Setelah itu ambil tanda terima dan jadwal foto serta pengambilan sidik jari
5) Apabila Anda sudah berfoto dan mengambil sidik jari, maka Anda sampai pada tahap wawancara dengan menunjukkan dokumen asli
6) Setelah tahap wawancara telah usai, langkah berikutnya adalah membayar buku paspor dan menandatangani buku paspor serta minta informasi kapan jadwal pengambilan paspor yang sudah selesai
7) Pada saat tanggal yang telah ditentukan sebelumnya, kita dapat datang lagi untuk mengambil paspor yang telah jadi. Biasanya dalam waktu seminggu paspor baru Anda sudah selesai dan bisa diambil.

#6 Cara Mengurus Visa


Visa adalah tandak bukti 'boleh berkunjung' yang diberikan untuk penduduk suatu negara jika memasuki wilayah negara lain yang mempersyaratkan adanya izin masuk. Bisa berbentuk stiker visa yang dapat diapply di kedutaan negara yang akan dikunjungi atau berbentuk stempel pada paspor di negara tertentu. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus ditempuh dalam mengurus visa dengan benar

1. Datang ke kantor imigrasi. Bisa datang ke kantor imigrasi yang tertera pada KTP kita atau datang saja ke kantor imigrasi terdekat.
2. Membawa syarat-syarat pembuatan visa menurut Negara tujuan.
3. Kemudian anda beli formulir permohonan. Formulir permohonan ada di loket yang sudah disediakan, isi dengan lengkap formulir tersebut sesuai dokumen yang anda miliki dan bawalah dokumen yang asli.
4. Serahkan formulir dan syarat-syarat permohonan visa yang telah diisi ke loket pendaftaran.
5. Setelah itu ambil tanda terima dan jadwal foto serta pengambilan sidik jari. Untuk pengambilan sidik jari dan jadwal foto bisa datang pada hari berikutnya jika nomor antrian anda masih lama.
6. Apabila anda sudah foto dan mengambil sidik jari, maka anda akan sampai pada tahap wawancara dengan menunjukkan dokumen asli.
7. Setelah tahap wawancara selesai, langkah selanjutnya adalah membayar buku visa dan menandatangani buku visa serta minta informasi kapan jadwal pengambilan visa yang sudah selesai.
8. Pada saat tanggal yang telah ditentukan, kita dapat datang kembali ke kantor imigrasi untuk mengambil visa yang telah jadi. Biasanya dalam waktu seminggu  visa baru anda sudah selesai dan bisa diambil.

#7 Cara Membuat Email Baru di Yahoo


Yahoo Mail atau juga disebut Ymail adalah sebuah layanan web email yang disediakan oleh Yahoo.com secara gratis. Ymail dicetuskan pada tanggal 8 Oktober 1997 dan saat ini Ymail merupakan web layanan email terbesar yang menjadi saingan dari Gmail. Untuk membuat email baru di Yahoo ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pertama-tama kunjungi dulu situs resminya di www.yahoo.com (biasanya secara otomatis kamu akan diarahkan masuk ke layanan untuk berita untuk Indonesia, yang biasanya di awali dengan ‘ID’ di depannya.)
2. Setelah membuka tampilan web beritanya, nah lihat di samping kiri deretan menunya, ada tulisan ‘Mail‘ atau di sebelah kanan atas ada tulisan Sign In dan Email, silahkan pilih salah satunya, dan biar jelas perhatikan contoh gambarnya:
3. Setelah mengklik tulisan yang dilingkari merah di atas, anda selanjutnya akan masuk ke halaman berikutnya yang meminta anda mengklik tulisan “Create Account” sebagai proses awal dalam membuat akun baru yahoo anda:
4. Muncul halaman baru, tinggal isi semua data yang diminta sesuai keterangan di bawah.
5. Selanjutnya akan muncul halaman yang meminta anda melakukan verifikasi sebagai bukti bahwa anda adalah manusia dan bukan robot.
6. Jika berhasil akan muncul pesan bahwa anda sukses membuat email ymail anda kali ini sebagaimana screenshot yang ditampilkan. Selamat! Tinggal klik tombol “Persiapan Awal” untuk masuk ke dashboard surat elektronik anda.
7. Selanjutnya akan muncul pesan bahwa anda diminta memilih jenis tema yang anda sukai,.

#8 Cara Menghidupkan Komputer


Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang saat ini sering digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum kita menggunakannya, komputer ini harus dioperasikan terlebih dahulu. Dalam pengoperasian komputer harus mengikuti setiap prosedur langkah-langkah bagaimana cara menghidupkan komputer dengan benar. Bagaimana cara menghidupkan komputer? Ikuti  langkah-langkah dibawah ini cara menghidupkan komputer dengan benar:

1. Buka penutup (cover) monitor, CPU, keyboard dan printer.
2. Pastikan saklar yang menyediakan arus listrik terhubungan dengan kabel power ke stabilizer atau CPU komputer
3. Tekan tombol power pada CPU dan tombol power monitor.
4. Komputer akan booting, tunggu proses ini sampai selesai.
5. Setelah selesai proses booting, komputer siap digunakan.

#9 Cara Mematikan Komputer


Setelah selesai digunakan, komputer haruslah dimatikan terlebih dahulu. Sama seperti prosedur menyalakan komputer, cara mematikan komputer juga memerluan prosedur agar komputer tidak cepat mengalami kerusakan. Ikuti langkah-langkah yang benar dibawah ini:

1. Tutup semua program atau aplikasi yang sedang aktif
2. Klik tombol “Start” dengan mouse pada menu Dekstop
3. Klik menu “Turn Off Computer”
4. Pada kotak dialog “Turn Off Computer”, klik tombol “Turn Off”
5. Diamkan beberapa saat hingga komputer padam.
6. Tekan tombol OFF pada monitor untuk memadamkan monitor
7. Cabut kabel listrik dari jala-jala listrik
8. Tutup dengan penutup.

#10 Cara Membuat Kue Bolu Pandan


Bahan :
– 100 gram mentega, lelehkan
– 120 gram tepung terigu protein rendah
– 75 gram gula pasir (untuk putih telur)
– 50 gram gula pasir, yang butirannya lembut (untuk kuning telur)
– 30 ml air daun suji
– 5 kuning telur
– 5 putih telur
– 1/2 sendok teh cream of tartar
– 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat :

1. Kocok kuning telur dan 50 gram gula pasir hingga kental, kemudian masukkan tepung terigu sambil di ayak, setelah itu tambahkan mentega yang telah di lelehkan dan air daun suji, lalu aduk hingga rata.
2. Kocok putih telur, cream of tartar dan garam hingga setengah mengembang, tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus di kocok hingga mengembang.
3. Tuang adonan putih telur ke dalam adonan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil di aduk secara perlahan-lahan.
4. Tuang adonan tersebut ke dalam loyang, lalu kukus selama 50 menit hingga air mendidih, kemudian angkat dan dinginkan.
5. Potong-potong sesuai selera, dan bolu pandan siap untuk dihidangkan.

#11 Cara Membuat Donat Sederhana


Bahan yang diperlukan

•200 cc air mineral
•1/2 kg tepung terigu segitiga biru (disarankan)
•1/2 bungkus ragi instan 11 gram (farmepin)
•4 SDM gula pasir
•3 SDM susu bubuk/ susu kental
•3 SDM mentega
•2 SDT garam
•2 Butir telur


Cara Membuat :

1. Pertama kocok 2 butir telur dengan sendok, kemudian masukan bahan lain, yaitu gula pasir, garam, susu, mentega, tepung terigu, dan lalu campuran tersebut aduk hingga merata
2. Selanjutnya masukkan ragi instan kedalam air, aduk rata dan masukkan kedalam adonan tadi, Uleni sampai kalis (tidak menempel pada tangan) dan diamkan dalam wadah tertutup selama kurang lebih 20 menit hingga adonan mengembang.
3. Selanjutnya, ambil adonan tersebut 1 sendok makan dan bulatkan, lalu letakkan pada wadah yang telah ditaburi tepung terigu sebelumnya, supaya tidak lengket. Lakukan hal tersebut hingga semuanya habis, selanjutnya diamkan adonan yang sudah dibulatkan tadi selama 20 menit dan tunggu hingga mengembang
4. Kemudian panaskan minyak goreng, lubangi bagian tengah adonan tersebut. lalu goreng dan kecilkan apinya hingga gorengan tampak bewarna kuning kecoklatan. Angkat dan diamkan donat hingga dingin.
5. Selanjutnya setelah itu Anda taburi donat dengan gula halus atau yang lainnya sesuai selera Anda
6. Selamat, Donat sederhana siap dihidangkan

#12 Cara Membuat Layang-layang Sederhana


Bahan-bahan :

  • Satu  ruas bambu yang berdiameter kurang lebih 1 cm dan panjang kurang lebih 90 cm
  • Satu ruas bambu yang berdiameter kurang lebih 1 cm dan panjang kurang lebih 50 cm
  • Kertas tipis atau kertas minyak
  • Spidol/pewarna
  • Pita kaset (jika perlu)
  • Lem kertas
  • Pisau dan gunting 
  • Tali atau benang
  • Penggaris
Cara membuat :
  1. Pertama-tama buat terlebih dahulu kerangka layangan, siapkan 2 ruas bambu dengan panjangnya sekitar 100 cm dan 60 cm.
  2. Selanjutnya letakkan bambu secara menyilang, namun perlu diperhatikan disini adalah panjang kanan dan kiri haruslah sama. Hal itu untuk mendapatkan hasil yang identik antara sayap kanan dan kiri, gunakanlah benang yang ditalikan di tengah poros dari sayap tersebut.
  3. Berikutnya ikat dengan benang pada perempatan batang bambu, pada langkah ini usahakan jangan menggunakan simpul tali mati dahulu.
  4. Lalu, ikatlah masing-masing ujung menggunakan benang jahit, belahlah ujung bambu  sebagai pengait, untuk mempermudah saat mengaitkan tali/benang.
  5. Setelah semua berhasil terhubung maka kerangka layangan Anda sudah siap.
  6. Langkah selanjutnya siapkan kertas layangan Anda, kertas minyak atau ketas yang tipis. Lalu letakkan kerangka tadi diatasnya.
  7. Buatlah pola dengan menandai kertas dengan menggunakan spidol atau bisa langsung di potong dengan menggunakan gunting, perlu diperhatikan disini Anda harus memotong hingga 1 hingga 2 cm diluar dari pola. Sisanya 1-2 cm akan digunakan sebagai lipatan yang nantinya akan di lem sehingga kerangka benang tertutupi dengan kertas tadi.
  8. Berikutnya lipat bagian kertas yang menjadi tambahan tepian yang sudah disiapkan tadi ke arah belakang kerangka, lalu rekatkan dengan menggunakan lem sehingga menutupi benang kerangka.
  9. Untuk tampilan layang-layangannya hiaslah menggunakan cat air/spidol sesuai kreasi yang Anda inginkan.



#13 Cara Mendaftar Facebook Baru


Facebook merupakan salah satu jaringan sosial yang menghubungkan kita kepada semua orang pengguna yang menggunakan facebook. Lewat facebook mungkin kita bisa dapat berkumpul dengan teman-teman, bermain game, mencari teman baru/lama, berbagi foto/video dan berbagi momen bersama teman dan keluarga. Lalu bagaimana cara mendaftar facebook? Berikut ini adalah cara mendaftar facebook dengan baik dan benar.

1. Langkah pertama, silahkan Anda pergi menuju halaman utama Facebook atau dengan menggunakan link berikut ini https://www.facebook.com/.
2. Selanjutnya Anda akan melihat kolom-kolom untuk mendaftar facebook, silahkan isi semua kolom-kolom tersebut dengan baik dan benar.
3. Setelah selesai, silahkan Anda klik selesai.
4. Pada tampilan selanjutnya, Anda akan diminta untuk mencari teman.
5. Sebetulnya pada langkah tersebut akun Anda sudah berhasil dibuat. Namun nampaknya belum lengkap jika belum di konfirmasikan. Klik "konfirmasikan sekarang" maka akan muncul jendela baru.
6. Terakhir silahkan klik allow. Akun Facebook Anda berhasil dibuat.


#14 Cara Mendaftar/Membuat akun Twitter


Twitter merupakan salah satu media sosial layaknya seperti Facebook. Twitter bukan hanya digunakan di Indonesia, namun Twitter telah banyak digunakan di seluruh dunia, pengguna twitter hampir menyentuh semua lapisan masyarakat, baik dari kalangan menengah keatas ataupun sebaliknya. Bagaimana cara mendaftar akun Twitter? Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendaftar akun Twitter dengan baik dan benar.

1. Langkah pertama, silahkan Anda pergi menuju halaman Twitter atau dengan menggunakan link berikut ini https://twitter.com/.
2. Selanjutnya Anda akan melihat kolom-kolom untuk mendaftar twitter, silahkan isi semua kolom-kolom tersebut dengan baik dan benar.
3. Tahap berikutnya yaitu tahap konfirmasi data pendaftaran dan memasukan data nama pengguna.
4. Pada tahap yang in Anda akan diperkenalkan mengenai Twitter. Silahkan Anda klik "Ayo!" untuk menuju tahap berikutnya.
5. Lalu tahap selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih minat Anda, minat yang dipilih akan menentukan halaman-halaman yang akan Anda ikuti pertama kali.
6. Anda akan diminta  melihat 40 daftar untuk Anda ikuti. Jika sudah selesai, silahkan klik "ikuti dan lanjutkan" untuk menuju tahap selanjutnya.
7. Selanjutnya Anda akan diminta mengupload foto untuk profil Anda.
8. Pada tahap ini Anda diminta untuk memasukkan email, setelah itu Anda harus verifikasi email. Setelah itu akun Twitter Anda berhasil digunakan.

#15 Cara Membuat Akun Instagram di Hp Android


Instagram adalah aplikasi untuk berbagi foto atau video. Di dalam Instagram banyak konten-konten mernarik yang harus diketahui. Pada zaman sekarang ini instagram sangat populer di semua kalangan. Akun Instagram dibedakan menjadi 2 yaitu Instagram lewat pc dan android. Lalu bagaimana cara membuat akun instagram di hp android? Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Pertama-tama cari di playstore dengan search instagram lalu install.
2. Klik pasang tunggu sebentar klik buka.
3. Klik sign up.
4. Isi data Anda dengan baik dan benar.
5. Lalu Anda akan diminta untuk menghubungkan Instagram dengan Facebook.
6. Pada tahap ini Anda diminta mengikuti group, promosi atau orang yang Anda kenal.
7. Akun Anda berhasil dibuat.

#16 Cara Membuat Instagram Terbaru



Untuk membuat akun Instagram, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka aplikasi Instagram di perangkat Anda atau buka situs web Instagram di peramban web.
  2. Klik tombol "Daftar" di bagian bawah layar.
  3. Masukkan alamat email atau nomor telepon Anda, serta kata sandi yang ingin Anda gunakan. Anda juga dapat mendaftar dengan menggunakan akun Facebook.
  4. Klik tombol "Daftar" untuk melanjutkan.
  5. Masukkan nama pengguna yang ingin Anda gunakan. Pastikan nama pengguna yang Anda pilih belum digunakan oleh orang lain.
  6. Klik tombol "Lanjutkan" untuk melanjutkan.
  7. Tambahkan foto profil (opsional). Anda juga dapat mengisi informasi lain tentang diri Anda, seperti nama lengkap, bio, dan lokasi.
  8. Klik tombol "Selesai" untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
  9. Sekarang Anda siap untuk menggunakan Instagram! Mulailah mengunggah foto dan video, mengikuti akun lain, dan berinteraksi dengan orang lain di jaringan sosial ini.

#17 Cara Membuat Akun Pinterest


Untuk membuat akun Pinterest, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka situs web Pinterest di browser web Anda.
  2. Klik tombol "Sign up" di bagian atas kanan layar.
  3. Masukkan alamat email Anda dan buat password yang aman.
  4. Klik tombol "Continue" untuk melanjutkan.
  5. Isi formulir yang diminta dengan informasi tentang diri Anda, seperti nama depan dan belakang, tanggal lahir, dan jenis kelamin (opsional).
  6. Klik tombol "Continue" untuk melanjutkan.
  7. Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses pendaftaran, termasuk memilih minat Anda dan mengikuti beberapa akaun yang menarik bagi Anda.
  8. Setelah selesai, Anda akan diarahkan ke halaman profil Anda di Pinterest. Anda sekarang bisa mulai menjelajahi dan menyimpan pin yang Anda sukai.
  9. Sekian, semoga membantu!

Baca contoh lainnya: KUMPULAN Contoh Teks Prosedur Kompleks SINGKAT beserta Strukturnya

Demikianlah artikel kali ini tentang 15 Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat Terbaru. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Sumber : dikelola dari berbagai sumber

Get notifications from this blog

 
close