√ 10 Makanan dan Minuman Khas Pada Saat Bulan Ramadhan - Ensiklopediasli

Rabu, 24 Juni 2015

10 Makanan dan Minuman Khas Pada Saat Bulan Ramadhan

10 Makanan dan Minuman Khas Pada Saat Bulan Ramadhan - Bulan ramadhan telah tiba, yang tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam seluruh dunia. Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat yang di dalamnya terdapat berbagai kecerian, kegembiraan, dan kebahagian.

Bicara tentang bulan ramadhan, pastinya Anda akan banyak menjumpai makanan dan minuman khas bulan Ramadhan yang tentunya akan membuat puasa Anda semakin meriah dan menyenangkan, karna pada saat kita sahur dan berbuka kita akan disuguhkan makanan dan minuman istimewa dan spesial. Puasa wajib bagi umat Islam di bulan ramadhan. kita menunaikan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Beberapa diantara makanan dan minuman itu memiliki ciri khas yang selalu ada pada bulan ramadhan.

Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan merangkum dan mengulas makanan dan minuman yang wajib ada pada bulan ramadhan. Berikut ini adalah 10 makanan dan minuman yang sangat cocok disajikan pada saat bulan ramadhan dan yang paling sering dijumpai.

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

1. Kurma

kurma
Image by: vemale.com


Ini dia makanan khas yang pertama sering dijumpai namanya adalah Kurma. Buah kurma berasal dari Timur Tengah. Saat pertama kali kita mencoba merasakan buah ini, tentunya akan terasa sangat manis dan lezat untuk dinikmati setiap saat pada bulan ramadhan. Buah kurma ini tentunya sangat bermanfaat, misalkan mengatasi penyakit Anemia, Menjaga gigi dan tulang agar tetap sehat, Mencegah stroke, mencegah jantung koroner, menjaga kesehatan mata, melancarkan buang air dan buah kurma memiliki anti oksidan yang cukup tinggi. Pada saat puasa seperti ini, sangat disarankan untuk memakan buah kurma karena rasanya yang manis.

2. Cendol

cendol atau es dawet
Image by: naningisme.wordpress.com

Minuman khas pada bulan ramadhan yang kedua adalah cendol, minuman khas yang berasal dari Indonesia tepatnya berasal dari Jawa Barat. Cendol terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Biasanya warna dari cendol adalah hijau dan putih. Warna hijau berasal dari daun pandan, warna putih dihasilkan dari santan. Rasa minuman ini manis dan sangat lezat. Di daerah Sunda minuman ini lebih dikenal dengan nama cendol, sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama Es Dawet. Cendol dibuat dengan bahan dasar tepung beras yang di mixing dengan santan, gula merah dan juga es batu. Sampai saat ini cendol/es dawet menjadi salah satu minuman khas yang harus dicoba pada saat berbuka puasa.

3. Kolak

kolak
Image by: www.resepmasakankreatif.com

Minuman/makanan khas yang ketiga pada bulan ramadhan adalah Kolak, kolak adalah makanan yang dibuat dari pisang, ubi, dan sebaginya lalu direbus dengan gula dan santan.. Kolak mempunyai rasa yang manis sehingga sangat cocok untuk dijadikan minuman/makanan pada saat berbuka puasa. Tentu saja setiap daerah di Indonesia, memasukkan kolak sebagai minuman/makanan yang harus dicoba pada saat berbuka puasa. Kolak yang terkenal adalah Kolak Pisang.

4. Es Campur

es campur
Image by: kaya-reflections.blogspot.com

Minuman khas pada bulan ramadhan yang keempat adalah es campur, minuman ini sangat sering dijumpai pada saat bulan ramadhan tiba. Salah satu minuman yang segar dan murah, walaupun murah minuman ini bisa melepas dahaga setelah puasa sepanjang hari, terlebih lagi es campur memiliki rasa manis yang cocok saat beruka puasa. Komposisi yang ada dalam es campur seperti cendol, cincau hitam, kolang-kaling, santan, es pasrah, susu, dan sirip menjadikan es campur layak untuk dijadikan menu berbuka puasa Anda.

5. Es Kelapa

es kelapa
Image by: resepmasakann.info

Minuman khas selanjutnya adalah es kelapa, komposisi es kelapa adalah kelapa muda, gula cair, air kelapa, dan jeruk nipis, sangat cocok untuk disajikan pada saat berbuka puasa nanti. Segarnya air kelapa muda dan enaknya kelapa muda-nya membuat banyak orang menjadikan es kelapa untuk menu berbuka puasa.

6. Es Teler

es teler
Image by: www.resepmasakanindonesia.me

Minuman khas pada bulan ramadhan adalah Es Teler, menurut beberapa sumber, es teler diciptakan di Jakarta oleh pedagang es campur gerobak pada tahun 1980-an. Campuran es teler terdiri dari macam buah seperti apel, pepaya, melon, alpukat, juga agar-agar, dan campuran lainnya. Penampilan es teler sekilas tampak seperti es campur, dan tentunya mantap dan menggoda selera.

7. Es Timun Suri

es timun suri
Image by: www.cuteabis.com

Es timun suri berbahan dasar buah timun suri yang di campur dengan segarnya es batu. Untuk menambahkan rasa manis, bisa ditambahkan dengan gula cair, sirup, atau susu sebagai penambah selera Anda untuk berbuka puasa nanti. Es timun suri sangat cocok untuk disajikan setelah seharian melaksanakan ibadah puasa.

8. Pisang Ijo

es pisang ijo
Image by: resepmasakanpedia.com
Minuman khas ramadhan yang satu ini bernama Pisang Ijo, minuman yang mempunyai rasa yang manis. Salah satu minuman khas dari Makassar yang dinamakan pisang ijo ini mempunyai rasa yang enak. Jika dilihat sekilas pisang yang dibalut dengan adonan tepung terigu berwarna hijau, menjadi salah satu menu berbuka puasa yang sangat diminati setiap orang. Biasanya dibuat dari pisang raja yang kemudian dibungkus adonan tepung terigu yang telah diberi bahan pewarna hijau seperti pandan. Dengan dicampur kuah santan, sirup coco, dan es, membuat minuman yang satu ini menjadi ciri khas pada bulan ramadhan.

9. Es Teh Manis

es teh manis
Image by: food.detik.com

Minuman yang satu ini  kerap dijadikan sebagai minuman khas ramadhan yang menyegarkan. Minuman ini mudah dijumpai di warung-warung makan di Indonesia. Cara membuahnya sangatlah mudah yakni dengan dicampur teh , gula, air. Selanjutnya diaduk hingga merata. Langkah terakhir untuk membuatnya dengan menambahkan es, agar membuat rasa minuman ini menyegarkan.

10. Es Kopyor

es kopyor
Image by: www.resepmasakanindonesia.me

Es yang satu ini sangat nikmat dan cocok untuk pelepas dahaga setelah seharian menjalankan ibadah puasa, rasanya yang menyegarkan tenggorokan dengan es yang satu ini pastinya mantap. Tidak ada keterangan jelas darimana es yang satu ini, tetapi es yaang satu ini menjadi selera nusantara dan sangat cocok untuk disajikan saat berbuka puasa.

Baca Juga: Penjelasan Mengapa Bulan Ramadhan Tiap Tahun Selalu Maju.

Referensi: http://www.goodnewsfromindonesia.org/2015/06/18/8-minuman-wajib-berbuka-puasa-khas-indonesia/.
http://9coeg.com/intermezzo/9-makanan-dan-minuman-khas-pada-bulan-ramadhan/.
http://halomuda.com/makanan-dan-minuman-khas-bulan-ramadhan/.
https://komunitas.bukalapak.com/s/xcc5fa/makanan_khas_saat_bulan_ramadhan.

Demikianlah artikel saya kali ini tentang 10 Makanan dan Minuman Khas Pada Saat Bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat bagi Anda. Jika Anda menyukai artikel ini tolong dibagikan dan dikomentari ya. Sekian dan Terimakasih.

Get notifications from this blog

 
close