Friday, June 19, 2015

Silsilah Keturunan Ali bin Abi Thalib (Lengkap)

Silsilah Keturunan Ali bin Abi Thalib (Lengkap) - Ali bin Abi Thalib dilahirkan di Mekkah, daerah Hijaz, Jazirah Arab, pada tanggal 13 Rajab. Menurut sejarawan, Ali dilahirkan 10 tahun sebelum mulainya kenabian Muhammad, sekitar tahun 599 Masehi atau 600 (perkiraan). Usia Ali terhadap Rasulullah Saw masih diperselisihkan hingga kini, sebagian riwayat menyebut berbeda 25 tahun, ada yang berbeda 27 tahun, ada yang 30 tahun bahkan 32 tahun.

Beliau bernama asli Haydar bin Abu Thalib, paman Rasulullah Saw. Haydar yang berarti Singa adalah harapan keluarga Abu Thalib untuk mempunyai penerus yang dapat menjadi tokoh pemberani dan disegani diantara kalangan Quraisy Mekkah. Setelah mengetahui sepupu yang baru lahir diberi nama Haydar, Rasullulah Saw terkesan tidak suka, karena itu mulai memanggil dengan nama Ali yang berarti Tinggi (derajat di sisi Allah). Garis keturunan antara Rasulullah dan Ali bin Abi Thalib bertemu pada Abdul Muthalib bin Hasyim.


Silsilah Keturunan Ali bin Abi Thalib (Lengkap)


Sumber: Rahmat Baitin. 2013. Tarikh Islam 4. Pekanbaru: CV. PUSTAKA MAFATIH.

Demikianlah artikel saya kali ini tentang Silsilah Keturunan Ali bin Abi Thalib (Lengkap). Semoga bermanfaat bagi Anda. Jika Anda menyukai artikel ini tolong dibagikan dan dikomentari ya. Sekian dan Terimakasih.

Berkomentarlah dengan bijak
EmoticonEmoticon