√ 5 Pengkhianat Yang Paling Populer di Negaranya dan Dunia - Ensiklopediasli

Senin, 01 Juni 2015

5 Pengkhianat Yang Paling Populer di Negaranya dan Dunia

1. Jane Fonda

Jane Fonda
Jane Fonda adalah seorang aktris dan mantan  peragam  busana berkebangsaan Amerika Serikat yang memenangkan Academy Award sebagai aktris terbaik sebanyak dua kali. Dia lahir pada tanggal 21 Desember 1937, Newyork, Amerika Serikat. Jane Fonda tumbuh secara bergelimpangan di Hollywood. Jane Fonda menjadi aktivis yang sangat kontrovesial dimata para veteran Amerika di perang Vietnam. Pada saat itu dia sangat bersimpatik kepada pihak Vietnam Utara, berpose dengan senapan anti pesawat mereka dan sangat tidak diduga lagi jika beberapa tentara Amerika yang dijumpai dan ditanyakan di camp tahanan Vietnam Utara mendapat perlakuan yang kejam dari "teman-temannya" para orang Vietnam Utara. Dia lebih percaya kepada orang Vietnam Utara dibandingkan dengan bangsanya sendiri. Banyak veteran perang ingin menuntut Jane Fonda atas pengkhianatannya. Tetapi, sebagai orang yang berada dia berhasil luput dari hukuman atas kesalahannya dalam memihak Vietnam Utara. Namun, sekarang dia menyesal atas perbuatannya itu, tetapi para veteran perang sangat sulit untuk memaafkannya.

2. Wang Jingwei

Wang Jingmei
Dia merupakan orang yang sangat terkenal dan paling luar biasa atas pengkhianatannya dalam sejarah Cina. Lahir dengan nama "Wang Zhaoming" namun, lebih dikenal dengan nama "Jingwei". Lahir pada tanggal 4 Mei 1883, pada usia 21 tahun, dia bersekolah di Jepang. Dia bertemu dengan Dr.Sun Yat Sen yang juga merupakan mentornya. Dia memulai rencananya untuk melawan pemerintahan termasuk percobaan pembunuhan pejabat Manchu di Beijing yang gagal. Setelah Sun meninggal , Wang bersaing dengan Chiang Kai Shek dalam memperebutkan atas kekuasan Kuomintang, namun ia gagal, tetapi dia tetap menjadi anggota Kuomintang hingga tahun 1937. Sejak Jepang berusaha menyerang Cina. Wang mendapat tawaran oleh Jepang untuk mendirikan sebuah pemerintahan yang di dukung oleh pemerintah Jepang di Nanjing. Wang menjadi kepala pemerintahan boneka oleh pemerintahan Jepang hingga ia meninggal dunia sebelum berakhirnya Perang Dunia II. Atas kerjasamanya dengan Jepang ia dianggap sebagai pengkhianat terhadap Cina. Saat ini, baik di Cina atapun Taiwan, namanya menjadi istilah untuk pengkhianat.

3. The Rosenbergs

the rosenbergs
The Rosenbergs sebutan untuk Julius dan Ethel Rosenbergs, menjual rahasia atom kepada orang Rusia selama perang dingin. Pasangan ini rela untuk melakukan apa saja untuk memajukan kepercayaan Komunis yang mereka anut. Julius dan Ethel Rosenbergs bergabung dengan Partai Komunis hingga tahun 1943. Mereka bekerja sama dengan mata-mata Uni Soviet, Feliksov. Mereka berhasil mencuri informasi rahasia dan menukarkannya dengan orang Rusia dan merugikan Amerika. Karena perbuatannya mereka dihukum mati pada 19 Juni, 1953.

4. Vidkun Quisling

vidkun
Orang yang dikaguminya adalah Hitler dan merupakan orang yang percaya teguh pada doktrin fasisme. Lahir pada tanggal 18 Juli 1887 adalah politikus fasis di Norwegia. Ia mendirikan partai yang bernama Persatuan Nasional pada tahun 1933 yang berkolaborasi dengan Partai Nazi. Quisling bertemu dengan Hitler dan meyakinkan bahwa dia mempunyai seluruh informasi atas strategi militer Norwegia. Ketika Jerman berhasil menginvasi, Quisling diangkat menjadi Perdana Menteri "boneka". Warga Norwegia sangat mengecam atas pengangkatannya dan memberontak untuk menuntut dia mengundurkand diri. Namun, Hitler tetap mendukungnya pada jabatanya itu. Kegagalan sebagai seorang Politikus, Quisling sering membuat kesalahannya sendiri, bahkan di mata pihak Nazi. Setelah penyerahan Jerman di Norwegia. Saat Nazi terkalahkan, Quisling diadili atas dakwaan kematian 1000 orang Yahudi selama perang berlangsung. Dia dihukum mati atas perbuatannya pada tahun 1945.

5. Aldrich Ames

Aldrich Ames
Aldrich Ames adalah seorang intelejen CIA, karna dia seorang pecandu alkohol dan memberikan segala kebutuhan dari istrinya. Ia menawarkan informasi tentang nama mata-mata Amerika dan informasi kontraintelijen lainnya pada Uni Soviet. Dia menyebabkan 10 orang agen Amerika tewas di tangan Uni Soviet, meski akhirnya dia mendapat banyak uang, Ames kemudian ditangkap karena dicurigai mempunyai aset kekayaan yang tidak wajar. Ames kemudian terbukti bersalah dan dijatuhi hukuman seumur hidup.

Sumber: dikelola dari berbagai sumber

Demikianlah artikel saya kali ini tentang 5 Pengkhianat Yang Paling Populer di Negaranya dan Dunia. Semoga bermanfaat bagi Anda. Jika Anda menyukai artikel ini tolong dibagikan. Sekian dan Terimakasih.

Get notifications from this blog

 
close