Tuesday, April 4, 2017

Teks Diskusi (Pengertian, Tujuan, Struktur, Contoh, Ciri-ciri, Jenis)

Teks Diskusi (Pengertian, Tujuan, Struktur, Contoh, Ciri-ciri, Jenis) - Pada kesempatan kali kita akan membahas mengenai teks diskusi. Adapun yang akan kita bahas yaitu pengertian teks diskusi, tujuan teks diskusi, struktur teks diskusi, contoh teks diskusi, ciri-ciri teks diskusi dan jenis-jenis teks diskusi.

Berikut ini adalah pengertian, tujuan, struktur, contoh, ciri-ciri dan jenis teks diskusi.

Teks Diskusi (Pengertian, Tujuan, Struktur, Contoh, Ciri-ciri, Jenis)



Pengertian Teks Diskusi


Teks diskusi merupakan sebuah teks yang berisi tentang sebuah wacana tentang suatu permasalahan, permasalahannya berisi dua argumen yaitu argumen pendukung dan argumen penentang.

Teks diskusi adalah salah satu jenis teks yang memberikan dua pendapat mengenai suatu hal (pro dan kontra) yang menimbulkan kedua belah pihak menjadi saling membicarakan permasalahan yang sedang dipersoalkan (diskusi).

Menurut Barwick (1998: 94) teks diskusi adalah sebuah teks yang membantu siswa untuk berpikir jernih dan kritis. Hal ini mendorong siswa untuk mendengarkan dan menanggapi pendapat orang lain, untuk mengajukan pertanyaan yang bersangkutan dan untuk menyajikan argumen dengan cara yang jelas dan koheren.

Berdasarkan pendapat ahli diatas dapat disimpulkan bahwa teks diskusi adalah suatu tulisan yang membantu siswa untuk berpikir kritis. Teks diskusi membahas tentang suatu masalah (isu) dengan disertai argumen/pendapat baik yang mendukung maupun yang menentang.

Tujuan Teks Diskusi


Teks diskusi bertujuan untuk mencari kesepahaman atau kesepakatan pendapat atau gagasan. Jika diskusi dilakukan oleh beberapa orang disebut Diskusi Kelompok.

Struktur Teks Diskusi


Struktur teks diskusi meliputi isu (masalah), argumen terdiri dari argumen pendukung (pro) dan argumen penentang (kontra) dan kesimpulan atau saran.

a. Isu (masalah)


Sebuah diskusi dimulai dengan pengenalan singkat menggambarkan situasi. Pengenalan ini berisi berbagai sudut pandang. Isu (masalah) dalam teks diskusi berisi masalah yang akan didiskusikan atau dibahas lebih lanjut.

b. Argumen


Argumen berisikan pendapat yang akan dikemukakan. Argumen terdiri dari pendukung (pro) berisi dukungan dan penentang (kontra) berisi sanggahan atau tanggapan yang bertentangan dengan masalah yang dibahas.
   

c. Kesimpulan atau saran


Merupakan bagian akhir dari teks diskusi yang berisi kesimpulan dan saran berupa jalan keluar dari suatu masalah.


Contoh Teks Diskusi


Dampak Game Online Bagi Anak Sekolahan


Isu


Dalam era globalisasi, game online semakin marak di kalangan masyarkat Indonesia. Peminatnya berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, bahkan hingga dewasa, terutama pelajar. Saat ini, game online semakin mudah dijumpai. Sehingga, banyak masyarakat terutama pelajar yang menggemarinya. Apalagi pada saat ini banyak warnet yang menyediakan game online dengan harga terjangkau. Membuat peminat game online terus meningkat dari tahun ke tahun.


Argumen Mendukung


Sebagian besar masyarakat Indonesia menganggap bahwa game online hanya memberikan dampak negatif saja. Akan tetapi, ternyata bermain game online mempunyai dampak positif. Dampak positif game online dikalangan pelajar yaitu:
Pertama, lebih berkonsentrasi. Beberapa game dituntut untuk playernya lebih berkonsentrasi. Bermain game sekitar 20 menit sebelum belajar ternyata memancing konsentrasi dalam belajar.
Kedua, berkembangnya kemampuan. Anak yang mengetahui strategi dalam bermain game dapat meningkatkan daya kemampuan berkembang dalam hal matematika, pemecahan masalah dan kemampuan membaca, terlebih lagi jika game nya berbahasa Inggris.


Argumen Menentang


Selain dampak positif yang kita dapatkan, pasti juga ada dampak negatifnya, terutama bagi kalangan pelajar. Karena, kebanyakan peminat game online berasal dari kalangan pelajar. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif game online:
Pertama, anak menjadi kurang bersosialisasi
Kedua, anak menjadi sulit berekspresi dan berinteraksi
Ketiga, anak menjadi lupa waktu/lupa segala hal.

Kesimpulan


Dari berbagai pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa game online mempunyai dampak positif dan negatif. Hal itu tergantung pada si anak. Oleh sebab itu, orang tua disarankan utuk melakukan hal yang dapat mencegah dampak negatif dari anak bermain game online. Seperti, bekerjasama dengan guru untuk turut memantau perkembangan anaknya ketika di sekolah.


Ciri Kebahasaan Teks Diskusi


Teks diskusi memiliki ciri bahasa yang spesifik, menurut Suyatno (2014) adalah sebagai berikut.

  • Penggunaan istilah-istilah umum terkait dengan topik diskusi.
  • Kata-kata yang menunjukkan suatu perbandingan atau pengontrasan.
  • Penggunaan kata-kata yang mendukung atau menolak argumen.


Sedangkan fitur bahasa teks diskusi, menurut Kemendikbud (2014:14) adalah sebagai berikut:

  • Penggunaan kata modalitas misalnya: harus, akan, ingin, mungkin.
  • Penggunaan kata kerja aksi, misalnya: menyebabkan, mengakibatkan.
  • Penggunaan konjungsi perlawanan, misalnya: tetapi, tapi, namun, akan tetapi.
  • Penggunaan kohesi leksikal (kata atau istilah terkait dengan topik teks diskusi) dan kohesi gramatikal. Kohesi leksikal adalah kepaduan yang dicapai melalui pemilihan kata atau istilah. Kohesi leksikal itu dapat berbentuk pengulangan kata atau istilah beberapa kali dalam suatu paragraf atau wacana.


Berdasarkan beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa ciri bahasa menulis teks diskusi pada umumnya berupa penggambaran secara detail tentang topik sebuah masalah. Teks diskusi menggunakan kata-kata perbandingan dalam mengungkapkan argumen agar pembaca dapat memahami maksud dari pengarang.

Jenis-jenis Teks Diskusi



  1. Seminar : adalah sebuah pertemuan khusus yang memiliki teknis dan akademis tujuannya untuk melakukan studi menyeluruh mengenai topik tertentu dengan pemecahan suatu permasalahan yang memerlukan interaksi di antara para peserta seminar yang dibantu oleh seorang guru besar ataupun cendikiawan.
  2. Lokakarya : adalah suatu acara di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya.
  3. Muktamar : forum untuk permusyawarah dan mengkaji sesuatu persoalan.
  4. Simposium : merupakan pertemuan terbuka dengan beberapa pembicara yang menyampaikan ceramah pendek mengenai aspek yang berbeda tetapi saling berkaitan tentang suatu masalah.
  5. Kongres : pertemuan besar para wakil organisasi ( politik, sosial, profesi) untuk mendiskusikan dan mengambil keputusan.
  6. Diskusi panel : sekelompok individu yang membahas topik tentang kelebihan pada masyarakat atau pendengar.


Baca juga: Teks Eksplanasi (Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah, Contohnya)

Demikianlah artikel kali ini mengenai Teks Diskusi (Pengertian, Tujuan, Struktur, Contoh, Ciri-ciri, Jenis). Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Berkomentarlah dengan bijak
EmoticonEmoticon