√ Faktor Pendorong/Pendukung Munculnya Globalisasi (Lengkap) - Ensiklopediasli

Sabtu, 20 Agustus 2016

Faktor Pendorong/Pendukung Munculnya Globalisasi (Lengkap)

Faktor-Faktor Pendorong atau Pendukung Munculnya Globalisasi (Lengkap) - Pada kesempatan kali ini Ensiklopediasli akan membahas tentang faktor-faktor penyebab munculnya globalisasi.

Globalisasi muncul tidak lepas dari upaya manusia untuk melakukan pembaharuan di berbagai bidang kehidupan guna meningkatkan kesejahteraan bersama. Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya globalisasi, yaitu sebagai berikut:

Faktor-Faktor Pendorong/Pendukung Munculnya Globalisasi (Lengkap)


Faktor Eksternal


Faktor eksternal munculnya globalisasi berasal dari luar negeri atau perkembangan dunia, antara lain:

1. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi


Globalisasi tidak akan bisa lepas dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan pesatnya ilmu dan teknologi, manusia dapat melakukan suatu penelitian sekaligus menciptakan fasilitas yang memudahkan kerja dan aktivitas sehari-hari.

2. Penemuan sarana komunikasi yang semakin canggih


Alat-alat baru, seperti telepon, handphone (HP), televisi, satelit, internet, dan berbagai sarana komunikasi lainnya mendorong munculnya globalisasi

3. Adanya Kesepakatan internasional tentang pasar bebas


Hal ini menuntut adanya komunikasi yang semakin intensif antar negara-negara di dunia.

4. Modernisasi atau pembaruan di berbagai bidang


Hal ini memengaruhi negara lain untuk mengadopsi atau meniru hal yang sama.

5. Keberhasilan perjuangan pro demokrasi 


Keberhasilan perjuangan prodemokrasi di berbagai negara di dunia sedikit banyak memberi inspirasi munculnya tuntutan transparansi dan globalisasi di sebuah negara.

6. Meningkatnya fungsi dan peran lembaga-lembaga internasional


Lembaga internasional tersebut, seperti IMF, PBB, Palang Merah Dunia, ASEAN, membuka peluang bagi setiap negara untuk duduk bersama membahas masalah-masalah negara maupun perkembangan nternasional.

7. Perkembangan HAM di negara-negara belahan dunia


Perkembangan HAM menuntut kepedulian masyarakat internasional untuk turut memengaruhi upaya perlindungan maupun penegakan HAM.

Faktor Internal


Faktor internal munculnya globalisasi berasal dari dalam negeri, antara lain seperti berikut:

1. Ketergantungan sebuah negara terhadap negara lain


Negara yang berkembang sangat membutuhkan barang-barang dan jasa dari negara negara maju untuk membangun negerinya. Demikian pula negara-negara maju perlu menjalin hubungan komunikasi dengan negara-negara lain guna mengekspor produk atau barang-barangnya.

2. Kebebasan pers atau media 


Kebebasan pers atau media sangat berperan penting dalam era globalisasi. Sebab pers merupakan penghubung antara sebuah negara dengan masyarakatnya ataupun antara negara dengan negara lain.

3. Berkembangnya transparansi dan demokrasi pemerintahan


Kesadaran para pemegang kekuasaan dengan paradigma baru untuk menjadi pemimpin yang bersih, berwibawa, adil dan transparan. Biasanya pemerintahan dengan manajemen yang cenderung otoriter yang tidak memberi jaminan pada rakyatnya untuk mengakses pemerintahan. Hal ini mendorong perubahan menuju pemerintahan yang transparan yang memberi kebebasan dan jaminan bagi masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat untuk melakukan pengawasan.

4. Munculnya berbagai lembaga politik dan lembaga swadaya masyarakat


Lembaga-lembaga tersebut secara intensif ikut mengawasi jalannya pemerintahan dan menuntut penguasa agar menganut manajemen transparan.

5. Berkembangnya cara berfikir dan semakin majunya pendidikan masyarakat


Hal ini menjadikan masyarakat semakin kritis terhadap berbagai informasi dan perkembangan dunia. Masyarakat semakin haus akan informasi, sehingga berbagai keadaan dunia mudah diketahui oleh masyarakat.

Baca juga: 8 Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Dunia Internasional

Demikianlah artikel kali ini tentang Faktor-faktor Pendorong/Pendukung Munculnya Globalisasi (Lengkap). Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Get notifications from this blog

 
close