Friday, January 29, 2016

5 Cara Jitu Merancang Kerajinan dengan Bahan Tekstil

5 Cara Jitu Merancang Kerajinan dengan Bahan Tekstil - kegiatan pertama yang harus dilakukan dalam merancang kerajinan dengan bahan tekstil adalah Mencari Ide seperti produk kerajinan apa yang hendak dibuat? Mengapa produk kerajinan tersebut dibuat? Siapa yang menggunakan produk kerajinan tersebut? Bahan/material apa saja yang akan dipakai? dan sebagainya.

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah Membuat Gambar/Sketsa yaitu dengan membuat beberapa rencana atau rancangan dari produk kerajinan yang akan dibuat.

Ketiga, Pilih Ide Terbaik yaitu dengan mempertimbangkan ide mana yang terbaik, menyenangkan dan bisa untuk dibuat.

Keempat, mulailah Perencanaan Produksi untuk proses produksi atau proses pembuatan kerajinan dengan bahan tekstil

Terakhir, mulai untuk Pembuatan Kerajinan dengan tahap persiapan tempat kerja, bahan dan alat. Tahap berikutnya pengerjaan. Diakhiri dengan evaluasi terhadap produk kerajinan yang telah dibuat.


5 Cara Jitu Merancang Kerajinan dengan Bahan Tekstil


Berikut ini adalah 5 Cara Jitu Merancang Kerajinan dengan Bahan Tekstil.

#5 Cara Merancang Kerajinan dengan Bahan Tekstil


1. Mencari Ide


Kita telah mengetahui beberapa kekayaan tekstil di Indonesia dan tekstil khas daerah, produk-produk kerajinan tekstil, material, proses, dan alat yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan tekstil.

Apresiasi dan pengetahuan kita terhadap hal-hal tersebut dapat menjadikan pendorong munculnya ide untuk pembuatan karya produk dari bahan tekstil. Ide bisa muncul secara tidak berurutan namun juga muncul secara lengkap.

Kita bisa saja mempunyai ide tentang suatu motif unik yang akan segera dibuat. Ide motif tersebut akan menuntut kita untuk memikirkan teknik apa yang sangat tepat untuk digunakan dan produk apa yang sangat tepat untuk menggunakan motif tersebut. Kita juga bisa saja mendapat ide atau bayangan terhadap sebuah produk yang ingin dibuat, material, proses dan alat yang akan digunakan secara utuh.

Untuk mempermudah dalam mencari ide atau gagasan untuk rancangan kerajinan tekstil, mulailah dengan memikirkan hal-hal penting berikut ini.

5 Cara Jitu Merancang Kerajinan dengan Bahan Tekstil
  • Produk kerajinan apa yang rencananya akan dibuat?
  • Mengapa produk kerajinan tersebut dibuat?
  • Siapa yang akan menggunakan produk kerajinan tersebut?
  • Bahan/material apa saja yang akan dipakai?
  • Warna dan/motif apa yang digunakan?
  • Adakah teknik pewarnaan tertentu yang akan digunakan? 
  • Bagaimana proses pembuatan produk kerajinan tersebut?
  • Alat apa yang dibutuhkan?

Ide juga dapat diperoleh dengan bereksperimen, contoh eksperimen menggunakan teknik pewarnaan rintang warna. Cobalah untuk menggunakan beberapa warna yang disusun pada komposisi 1 (satu) motif. Coba juga dengan beberapa variasi. Anda juga bisa untuk mencoba membuat motif sendiri.

2. Membuat Gambar/Sketsa


Cobalah untuk membuat rencana atau rancangan untuk produk kerajinan yang akan dibuat. Gambarkan ide-ide rancanganmu pada sebuah buku atau lembaran kertas, dengan menggunakan pensil, spidol atau bolpoin dan lebih bagusnya untuk menghindari penggunaan dari penghapus.

Mulailah dengan menarik garis tipis-tipis terlebih dahulu. Jika ada garis yang dirasa kurang sesuai, biarkan saja, buatlah garis lain pada bidang kertas yang sama.

Demikian seterusnya Anda berani menarik garis dengan tegas dan tebal. Gambarkan idemu dengan sebanyak-banyaknya, dapat juga dengan berupa variasi produk, satu produk yang mempunyai fungsi yang sama, namun dengan bentuk yang tidak serupa, produk dengan bentuk yang sama dengan warna dan motif berbeda.

3. Pilih Ide yang Terbaik


Selanjutnya, Anda harus berusaha untuk menghasilkan banyak ide-ide, lalu menggambarkannya atau menuangkannya melalu sketsa, pertama-tama Anda harus mempertimbangkan ide mana yang terbaik, menyenangkan, dan memungkinkan untuk segera dibuat.

4. Perencanaan Produksi


Tahap berikutnya, adalah dengan membuat sebuah perencanaan yang matang guna untuk proses produksi atau proses pembuatan kerajinan dengan bahan tekstil. Tuliskan prosedur dan langkah-langkah kerja secara jelas, rinci dan detail.

5. Pembuatan Kerajinan

Tahap terakhir, pembuatan kerajinan dimulai dengan tahap persiapan tempat kerja, bahan, dan alat. Selanjutnya adalah pengerjaan. Kerjakan setiap tahap sesuai dengan perencanaan produksi terlebih dahulu yang sudah dibuat sebelumnya.

Pembuatan kerajinan dengan bahan tekstil diakhiri dengan evaluasi terhadap produk kerajinan yang telah dibuat, apakah produk tersebut dapat berfungsi dengan amat baik? Apakah sudah sesuai dengan ide, bayangan, dan harapan kita? Jika belum, perbaikan apa yang harus dilakukan agar produk kerajinan yang dihasilkan lebih berkualitas.

Baca juga: Proses, Teknik, dan Alat Kerajinan Tekstil

Demikianlah artikel kali ini mengenai 5 Cara Jitu Merancang Kerajinan dengan Bahan Tekstil. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Sumber: Buku Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X

Berkomentarlah dengan bijak
EmoticonEmoticon